Pengunjung melihat-lihat produk yang dipamerkan pada gelaran Pasar Kreatif Bandung 2020 di Paris Van Java Mall. (Foto: Pikiran Rakyat)

Bandung, MNEWS.co.id – Pemerintah Kota Bandung menggandeng Blibli untuk membantu pelaku UMKM yang terdampak pandemi Corona agar dapat tetap mengembangkan bisnisnya secara online.

Blibli merilis laman khusus Pasar Kreatif Bandung 2020 yang tersedia di platform Blibli mulai 4 September-25 Oktober 2020. Kolaborasi ini berhasil menghadirkan lebih dari 200 pelaku UMKM lokal Kota Bandung dengan total produk lokal hingga 1000 varian yang dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan Blibli.

Pasar Kreatif Bandung 2020 adalah kegiatan yang digagas oleh Pemerintah Kota Bandung untuk memajukan pelaku UMKM lokal untuk bangkit di tengah pandemi dan memajukan usaha di tengah kondisi kenormalan baru (new normal). Selain itu inisiatif ini juga diharapkan dapat berkontribusi menggerakkan perekonomian Bandung dengan meningkatkan konsumsi terhadap produk-produk lokal dari para pelaku UMKM.

Melalui laman khusus Pasar Kreatif Bandung 2020 para pelanggan dengan mudah dapat mencari produk-produk lokal UMKM Bandung. Adapun pilihan produknya mencakup produk fesyen, hijab, produk home décor, produk aksesoris pakaian, dan juga produk kriya dan kerajinan.

“Melalui laman khusus Pasar Kreatif Bandung 2020 ini, Blibli ingin mendukung UMKM dengan berkolaborasi bersama dengan Pemerintah Kota untuk dapat terus menggerakkan perekonomian lokal sejalan dengan menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Kami juga ingin mendorong transformasi digital pada industri UMKM dan membantu para pelaku UMKM dapat terus mengembangkan usahanya,” kata Andreas A. Pramaditya, Vice President Galeri Indonesia Blibli.

Menurutnya, Blibli dapat mengoptimalkan keseluruhan ekosistem yang dimiliki oleh Blibli untuk memfasilitasi pelaku UMKM untuk berjualan di tengah pandemi. Selain itu, Blibli memberikan fasilitas foto produk, dukungan logistik, ragam pilihan pembayaran dan pelayanan Customer Care yang dapat dimanfaatkan oleh para mitra seller khususnya pelaku UMKM.

Siti Muntamah Oded, Ketua Dekranasda Kota Bandung menjelaskan kegiatan Pasar Kreatif Bandung 2020 diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian yang berjalan di sembilan pusat pembelajaran guna meningkatkan pemulihan perekonomian di Kota Kembang, namun juga sejalan penerapan adaptasi kebiasaan baru yang diperketat.

Kegiatan ini juga menjadi model pameran yang menerapkan protokol kesehatan. Acara yang menggandeng Dekranasda Kota Bandung dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Barat ini juga sekaligus rangkaian perayaan HUT ke-210 Kota Bandung.

Para pelanggan Blibli juga dapat memanfaatkan berbagai fasilitas pembayaran dari Blibli. Termasuk Cicilan 0% dan opsi bertransaksi dengan memilih 10 metode pembayaran dari 38 partner keuangan, termasuk pembayaran dompet digital seperti DANA, OVO, Gopay, LinkAja, QRIS, dan Sakuku.