Suasana Toko Kopi Tuku Bintaro. (Foto: Manual Jakarta)

Jakarta, MNEWS.co.id – Sebagian pelaku usaha, master trainers, dan petani kopi belum mengetahui akses insentif yang bisa mereka dapatkan di tengah wabah Covid-19. Mereka menyatakan mulai merasakan dampak pandemi corona dengan turunnya penjualan.

Upaya menjaga stabilitas di sektor kopi juga diterapkan petani dan pengusaha kopi. Pemilik CV Frinsa Wildan Mustofa mengatakan, para pengusaha kecil dan menengah telah melakukan adaptasi pada proses penjualan kopi. Di antaranya melakukan penjualan secara online dan memberikan diskon produk.

Para pemilik kafe skala kecil dan menengah mengadopsi beberapa taktik penjualan seperti menjadi mitra di marketplace, memberikan diskon produk, serta layanan antar. “Tapi, tidak bisa dipungkiri, omzet penjualan menurun drastis, bisa sampai 90 persen,” kata Wildan dalam Diskusi Kopi (Disko) virtual dengan topik “Antisipasi Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Kopi di Indonesia” di Jakarta, pada Kamis,  (16/4/20). 

Wildan menambahkan, para pengusaha kopi akan tetap membeli hasil panen kopi ke petani tapi dengan skala yang mungkin lebih kecil. Oleh karenanya, Wildan mengaku butuh dukungan pemerintah untuk juga membeli atau menampung hasil panen petani agar harga pasaran kopi tidak turun drastis.

Paramita Mentari Kesuma, Direktur Eksekutif Sustainable Coffee Platform of Indonesia (Scopi) menjelaskan, berdasarkan survei singkat yang dilakukan Scopi kepada anggota, Master Trainers (MT), dan petani kopi dampingan MT di 15 provinsi, para MT dan petani sudah mengetahui apa yang dimaksud pandemi Covid-19. 

“Akan tetapi, sebagian besar mereka belum memperoleh informasi langkah antisipasi. Baik dukungan maupun bantuan dari pemerintah pusat maupun daerah kepada koperasi atau petani kopi,” kata Mentari.

Dalam survei juga didapatkan berbagai jenis bantuan yang diharapkan para petani selama pandemi Covid-19. Sektor UMKM, pelaku dalam supply-chain, serta eksportir, mengharapkan adanya dukungan pemerintah berupa bantuan finansial langsung (pendanaan), bantuan langsung tunai (BLT), biaya operasional, insentif pajak, membuka resi gudang yang bisa diakses petani, pelaku di dalam supply-chain, dan pegawai UMKM.

Scopi akan memfasilitasi pelaksanaan langkah konkret untuk menjaga stabilitas produksi dan pasar kopi di Indonesia. Para anggota Scopi yang merupakan pelaku UMKM, roaster, eksportir, pendamping petani, LSM, dan pengelola koperasi kopi, dalam survei menyatakan akan tetap melakukan pembelian kopi dan menjualnya secara online. Pendampingan dan sosialisasi kepada petani juga akan dilakukan online

Ketua Dewan Pengurus ScopiI Irvan Helmi menambahkan, pada masa sekarang ini sangat krusial menangkap aspirasi pemangku kepentingan terkait. Sekaligus mengajak gerakan atau aksi yang bersifat kolaborasi guna memitigasi dampak negatif terutama untuk petani.