Ilustrasi digitalisasi. (Foto: Antara)

Jakarta, MNEWS.co.id – Jika mendengar kata kota masa depan, yang seketika muncul dalam bayangan adalah sebuah tempat dengan modernisasi di segala sektor. Visi inilah yang diusung Grab, Emtek, dan Bukalapak melalui kolaborasi Festival Kota Masa Depan (Kolaborasi Nyata untuk Masa Depan).

Melalui program akselerator ekstensif, UMKM di kota-kota kecil diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan dan didampingi langsung oleh Grab, Emtek, dan Bukalapak guna mengembangkan diri dalam ekonomi digital.

Head of Merchant Community and Engagement Bukalapak, Ian Agisti Dewi Rani mengatakan, kegiatan akselerator ini merupakan langkah percepatan digitalisasi bagi pelaku UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia. Selain itu juga sebagai kesempatam untuk menciptakan peluang pendapatan bagi wirausahawan.

“Melalui akselerator Festival Kota Masa Depan kita melihat bahwa kota-kota kecil di Indonesia memiliki potensi serta peluang yang sangat besar. Kita percaya masa depan itu ada selalu ada di kota-kota kecil,” ujar Ian melalui kegiatan SME’s TALK Sahabat UMKM dan Bukalapak di Instagram Live pada Kamis, (16/12/21).

Sebagai langkah awal, program Akselerator Kota Masa Depan ini  sudah dimulai di Kupang dan Solo. Perjalanan akan berlanjut secara bertahap di Gowa, Malang, dan Pekanbaru yang akan mulai dilakukan di awal tahun 2022.

Kegiatan Akselerator Kota Masa Depan di Kota Kupang dan Solo sudah berlangsung sejak Oktober 2021 dan berakhir pada 6 Desember 2021. Antusiasme yang tinggi pun diberikan oleh para pelaku UMKM di kedua kota tersebut.

Ian memaparkan, ada sebanyak 124 pelaku usaha di Kota Kupang dan sekitar 450 pelaku usaha di Solo yang turut mendaftar dalam kegiatan ini. Dan kini telah terpilih 50 peserta dari kedua kota tersebut yang juga mendapatkan berbagai pelatihan dan pendampingan yang menarik dari Grab, Emtek, dan Bukalapak.

“Para peserta terpilih kini sudah mengikuti berbagai pelatihan yang tentunya relate dengan mereka. Mulai dari branding, financial management, digital marketing, hingga legalitas usaha,” tambahnya.

Selain antusiasme yang tinggi, banyak para peserta yang telah lolos mengaku sangat senang dan terlibat dalam program Kota Masa Depan. Salah satunya yaitu para peserta bisa saling bertukar informasi dan berbagi pengalaman antar pelaku usaha sembari menambah ilmu dan networking.

Setelah sukses mengadakan di Kupang dan Solo, Festival Kota Masa Depan akan berlanjut di tiga daerah lainnya yaitu Gowa, Malang, dan Pekanbaru. Sama seperti sebelumnya, para peserta yang telah mendaftar akan melewati proses kurasi dan seleksi menjadi 50 orang terpilih.

Dari 50 peserta tersebut akan dikurasi kembali menjadi 5 pelaku usaha terpilih yang berkesempatan untuk mengikuti Akselerator Camp yang akan diadakan pada Januari 2022.

Melalui Akselerator Camp, 5 orang peserta terpilih akan mendapatkan insight yang menarik dan diharapkan program ini dapat memberikan manfaat melalui berbagai rangkaian kegiatan talkshow dan business assistance dari para mentor terpilih.

“Tidak hanya itu, yang spesialnya 5 orang peserta ini akan berkesempatan mengikuti eksklusif gathering bersama para leadership Grab, Emtek, dan Bukalapak untuk membahas tentang perkembangan bisnis.  Tidak hanya itu, kita juga akan menghadirkan secret guest star yaitu salah satu entrepreneur sukses di Indonesia yang akan menjadi mentor nantinya,” kata Ian.

Selanjutnya, para peserta yang memiliki cerita unik dalam membangun bisnisnya akan dibuatkan docuseries berupa video dokumenter yang akan dibagikan melalui channel milik Grab, Emtek, dan Bukalapak.

Untuk mengikuti kegiatan ini, para peserta harus mengikuti beberapa syarat seperti:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Tergabung dalam Grab Merchant dan pelapak di Bukalapak
  • Usaha sudah berjalan minimal 1 tahun
  • Berdomisili di kota tujuan program Kota Masa Depan
  • Belum pernah mengikuti program serupa
  • Peserta merupakan pemilik usaha (owner)

Untuk informasi lebih lanjut, para pelaku UMKM bisa langsung mengunjungi laman http://www.kotamasadepan.com atau melalui media sosial Instagram @sahabat_umkm, @grabmerchantid, @klubjuragangrabexpress, dan @pelapak_bukalapak.