Ilustrasi Makanan Sehat. (Foto: Freepik/jcomp)

Jakarta, MNEWS.co.id – Mengonsumsi makanan sehat merupakan hal paling penting yang diperlukan tubuh. Kandungan-kandungan nutrisi pada makanan diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

Apalagi di tengah merebaknya pandemi Covid-19, tubuh butuh asupan nutrisi yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh sekaligus melawan serangan virus jika masuk ke dalam tubuh.

Berikut adalah lima tren makanan sehat yang diprediksi akan terjadi pada 2021, seperti dilansir dari Republika yaitu;

1. Postbiotik

Postbiotik sedang dipelajari untuk manfaat antiinflamasi dan antioksidan, juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan serta meningkatkan perlindungan usus. Postbiotik dapat ditemukan di beberapa makanan yang sama yang mengandung probiotik seperti kefir, sauerkraut (kubis yang diiris dan difermentasi), serta sourdough.

2. Makanan Kecerdasan Buatan

Perusahaan teknologi makanan Perfect Day telah menciptakan protein yang dikatakan identik dengan protein susu, namun sepenuhnya vegan. Protein bebas hewani memungkinkan pembuat es krim menghasilkan rasa seperti aslinya. Sementara Eat Just menggunakan kecerdasan buatan untuk menghasilkan produk bebas telur yang sangat mirip dengan telur asli.

3. Microgreens

Microgreens adalah bagian bayi dari tanaman seperti wortel dan brokoli. Sekarang microgreens dapat ditemukan di toko bahan makanan dalam berbagai variasi, seperti lobak, popcorn, dan kubis. Tidak hanya berwarna dan imut, microgreens juga sarat nutrisi. Studi tahun 2012 menemukan bahwa microgreens memiliki nutrisi empat hingga 40 kali lebih banyak daripada sejenisnya yang matang.

4. Kelp

Kelp merupakan rumput laut berukuran besar berwarna cokelat dan secara tradisional biasa digunakan dalam masakan Jepang, Korea, dan China selama ribuan tahun lalu. Kelp menawarkan beberapa mineral, termasuk kalsium, dan vitamin B dalam setiap sajian.

5. Makanan yang Melawan Perubahan Iklim

Produksi makanan merupakan penyumbang signifikan terhadap perubahan iklim, terhitung seperempat emisi gas rumah kaca global. Tetapi, pilihan makanan dapat membantu melawan efek perubahan iklim. Tahun ini Panera bermitra dengan Cool Food akan membantu pelanggan mengidentifikasi item menu dengan jejak karbon lebih rendah, seperti baja bowl dengan ayam.