Ilustrasi Media Sosial. (Foto: Freepik)

Jakarta, MNEWS.co.id – Media sosial kini menjadi kanal pemasaran terpopuler untuk mengembangkan bisnis dan meraih cuan yang lebih besar. Akan tetapi, Anda tidak bisa sembarangan posting konten di media sosial sebab butuh perencanaan dan persiapan untuk bisa menarik hati audiens.

Digital Marketing Expert & Founder socialmediamarketer.id, Niko Julius mengatakan saat membuat konten untuk mengembangkan bisnis, penting sekali untuk mengetahui target audiens yang akan disasar. Sebab, diperlukan pemilihan topik konten yang tepat untuk menjangkau audiens yang bervariasi.

Terkait topik konten, Niko menjelaskan ada 5 jenis topik konten yang bisa dipertimbangkan saat membuat konten. Menurutnya, dengan memiliki topik konten yang tepat akan lebih banyak peluang untuk membuat konten tersebut menarik minat audiens hingga menjadi viral.

Dikutip dari Detik, berikut beberapa topik konten yang tepat untuk memberikan banyak peluang untuk menarik minat audiens.

1. Edukasi
Niko mengatakan konten edukasi merupakan sesuatu yang datangnya dari dalam diri si pembuat. Misalnya, pengalaman juga pengetahuan. “Apa yang kita tangkap dan telaah, kemudian kita bagikan ke orang. Itu berarti kita mengedukasi orang,” ujar Niko.

2. Informasi
Berbeda dengan edukasi, Ia menjelaskan topik konten berisi Informasi merupakan sesuatu yang datangnya bukan dari diri kita.

“Dari pihak lain. Mungkin dari website, koran, atau bacaan lain atau datang dari jurnal tertentu. Ini informasi di luar sana yang hanya disampaikan kembali. Boleh ubah-ubah desain atau visual, tetapi informasinya tidak boleh berubah,” jelasnya.

3. Inspirasi
Menurut Niko,  topik konten yang inspiratif bisa datang dari berbagai hal. Contohnya, tentang perjalanan bisnis, hadirnya suatu produk, atau kisah awal memulai bisnis. Sebab, contoh-contoh tadi bisa menjadi inspirasi bagi audiens maupun pelaku bisnis lainnya.

“Karena orang seru juga tuh saat kita memulai perjalanan bisnis, itu datang dari mana, resepnya datang dari mana itu bisa ceritakan. Sejarahnya itu juga menarik loh,” ungkapnya.

4. Entertaining
Ia tak banyak menjelaskan soal topik konten Entertaining. Sebab menurutnya konten yang menghibur bisa sangat mudah dipahami dan dibuat oleh para pelaku bisnis. Ia mengatakan, apapun talenta yang dimiliki saat ditampilkan dalam sebuah konten dan mampu menghibur, maka itu termasuk dalam topik konten yang Entertaining.

5. Promosi
Terakhir, konten promosi. Niko menambahkan bahwa topik konten promosi merupakan salah satu jenis yang difavoritkan banyak orang. Konten promosi menjadi sangat menarik bagi konsumen karena mereka suka dapat sesuatu yang menguntungkan.

Kelima jenis topik konten tersebut bisa dicoba dan dipilih sesuai dengan audiens yang disasar, juga produk yang ditawarkan. Sebab, tidak ada jenis topik konten yang lebih unggul dibanding lainnya.

“Jadi topik konten bisa pilih dari lima ini, mana yang paling baik? Saya sendiri nggak bisa jawab. Karena audiens teman-teman bisa jadi berbeda dengan audiens saya. Di audiens saya, yang baik mungkin adalah edukasi. Di tempat teman-teman, mungkin informasi yang bagus. Atau di tempat lain yang paling kencang promosinya yang banyak direspons,” ungkapnya.