20 Board Game Indonesia Siap Go International di Essen SPIEL 2019

Regina Mone | 21 Oktober 2019, 15:37 WIB

Tangerang, MNEWS.co.id - 20 board game Indonesia akan dipamerkan di pameran permainan papan internasional Essen Spiel 2019 yang dijadwalkan berlangsung pada 24-26 Oktober 2019 di pusat pameran Messe Essen di kota Essen, Jerman.

20 board game lokal ini akan menghiasi paviliun Indonesia di bawah bendera Archipelageek, dengan tujuan mempromosikan produk industri game Indonesia ke kancah internasional.

Industri board game Indonesia mengalami pertumbuhan positif dari tahun ke tahun. Tahun ini, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali bekerja sama dengan Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI) dalam memfasilitasi board game lokal untuk berpartisipasi dalam ajang Essen SPIEL 2019 yang akan digelar di Jerman selama empat hari dari 24–26 Oktober 2019. Ini adalah kedua kalinya Bekraf memfasilitasi keberangkatan ke Essen SPIEL.

“Kami melihat board game itu merupakan salah satu rumpun permainan yang menarik. Kalau biasanya kita melihat permainan adalah game yang sifatnya digital, maka ini adalah benar-benar kita lakukan secara face to face, kontak sosialnya tinggi. Tentu ini akan memberi dampak yang jauh lebih baik terutama pada generasi muda,” ujar Direktur Pengembangan Pasar Luar Negeri, Bonifasius Wahyu Pudjianto.

Bekraf memilih pameran Essen SPIEL karena Jerman adalah kiblat industri board game dunia. Pameran ini tiap tahunnya dihadiri oleh ratusan ribu penerbit dan pelaku board game dari seluruh dunia. Di tahun 2018, jumlah pengunjung Essen SPIEL mencapai angka 190.000.

Direktur Pengembangan Pasar Luar Negeri Bekraf, Bonifasius Wahyu Pudjianto (ujung kanan); Perwakilan Tabletoys, Ang Martin (kedua dari kanan); Perwakilan MSBR Studio, Darwin (kedua dari kiri); dan Perwakilan Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia, Andre Dubari (ujung kiri) dalam acara Konferensi Pers Essen SPIEL 2019 pada Kamis (17/10/2019) di Hall 3 Indonesia Convention & Exhibition BSD, Tangerang. (Bekraf, Valen)

 

Untuk Essen SPIEL 2019, Bekraf dan APIBGI akan membawa 20 judul board game Indonesia. Ke-20 board game yang terpilih telah lolos kurasi dan penjurian yang dilakukan pada tanggal 13 September 2019 di Jakarta.

20 finalis yang nanti akan diikutsertakan dalam pameran Essen SPIEL 2019 mewakili Indonesia di bawah bendera Archipelageek adalah Bunaken: The Undersea Paradise oleh PeBeeS; Belapati War oleh LOGI Games; Cenayang oleh Memento Craft; Cine Write & Trade oleh Teman Maen Rutin Shuffle; Coffee Crash oleh Manikmaya Games; Dua Kerajaan oleh Dua Kerajaan Studio; Jalan-Jalan oleh Chiveus; Kancil oleh Chiveus; Korowai oleh Tabletoys Indonesia; Laga Pendekar oleh Makhluk Oranye Games; Luwenak! oleh Andeux; Mindblowon The Card Game oleh MSBR Studio; Nusa Rasa oleh Ketchup Games; Prabumeru oleh Novia Dwiyanti Putri; The Forbidden Ritual oleh MSBR Studio; SEN: Save The Queen oleh Tabletoys Indonesia; The Adventure of Bam-Bam Aksara Jawa oleh Bam-Bam; Toraja oleh Congkak Fun Factory; Unmask! oleh Chiveus; dan War of The Words oleh Wisnu Widiarta.

Dari 20 finalis tersebut terpilih 6 products highlight yang menjadi fokus utama yaitu Cine Write & Trade oleh Teman Maen Rutin Shuffle; Korowai oleh Tabletoys Indonesia; Mindblowon The Card Game oleh MSBR Studio; Nusa Rasa oleh Ketchup Games; The Forbidden Ritual oleh MSBR Studio; dan SEN: Save The Queen oleh Tabletoys Indonesia. 

 

Tentang Penulis
Regina Mone
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar