17 produk Good Design Indonesia (GDI) 2023 yang berhasil meraih penghargaan Good Design Award untuk dipamerkan pada Good Design Exhibition di Tokyo Midtown, Jepang yang berlangsung pada 25–29 Oktober2023. (Foto: Dok/Kemendag)

MNEWS.co.id – Kementerian Perdagangan memfasilitasi 17 produk Good Design Indonesia (GDI) 2023 yang berhasil meraih penghargaan Good Design Award untuk dipamerkan pada Good Design Exhibition di Tokyo, Jepang. Pameran ini berlangsung pada 25-29 Oktober 2023 di Tokyo Midtown, Jepang.

Pameran yang berlangsung selama lima hari ini menampilkan lebih dari 1.500 karya pemenang Good Design Award (GDA) 2023 yang berasal dari Jepang dan mancanegara.

“Ketujuh belas produk GDI ini bersaing dengan 5.447 produk yang mendaftar dari Jepang dan negara lainnya. Keikutsertaan Indonesia pada ajang internasional merupakan upaya mempromosikan produk-produk potensial Indonesia, selain ajang pameran internasional rutin yang lebih bersifat business-to-business,” ungkap Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi pada kesempatan terpisah.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Miftah Farid menjelaskan, Good Design Award merupakan ajang strategis untuk mempromosikan inovasi desain produk dan jasa dari para peraih GDI ke pasar global.

“Saya berharap capaian Indonesia pada Good Design Award dapat dimanfaatkan parapelaku usaha untuk meningkatkan citra produk (branding)dan jejaring bisnis dengan pembeli potensial sehingga mampu meningkatkan ekspor nonmigas Indonesia,” ungkap Miftah.

Selain partisipasi pada Good Design Exhibition, lanjut Miftah, sebanyak lima produk peraih penghargaan GDI 2023 juga ditampilkan di Paviliun ASEAN-Japan Centre pada ajang World Design Assembly (WDA) yang berlangsung pada 27–29 Oktober 2023 di Tokyo Midtown, Jepang.

Kelima produk tersebut yaitu Gui Origami Shoulder Bag, Wilwatikta Jamu Drip Bag, Marinang by Handep, Alini Twist lock Earrings & Pendants, serta Buku Kisah Kebaya.

WDA merupakan acara dua tahunan yang diselenggarakan World Design Organization untuk mempertemukan para desainer, inovator, dan pelaku industri kreatif dari seluruh dunia.

Tahun ini, WDA ke-33 diselenggarakan di Tokyo, Jepang bertepatan dengan peringatan 50 Tahun Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang.

Atase Perdagangan Tokyo Merry Astrid Indriasari mengajak para pelaku usaha dapat semakinkreatif dalam memanfaatkan peluang pasar ekspor.

“Para pelaku usaha diharapkan dapat lebihkreatif dalam menangkapdan memanfaatkanpeluang ekspor. Partisipasi pada Good Design Award merupakan kesempatan yang efektif menggali pengalaman dan pengetahuan mengenai karakteristik dan preferensi pasar di Jepang,” pungkas Merry.