Ilustrasi. Foto: Pexels.
Ilustrasi. Foto: Pexels.

Jakarta, MNEWS.co.id – Sepatu bot atau boots jadi salah satu footwear item yang cocok dengan jenis pakaian apa saja, mulai dari gaya casual hingga formal. Meski kadang terlihat berat saat dikenakan, sepatu bot ternyata bisa menjadi alas kaki yang nyaman dan  melindungi kaki di segala medan jalan. Selain itu, sepatu bot juga cocok digunakan oleh segala usia, baik pria maupun wanita.

Timberland, brand sepatu bot yang tidak lekang oleh jaman selama 45 tahun terakhir, membagi beberapa tips memilih bot yang nyaman serta bisa menunjang kesehatan kaki. Simak tipsnya berikut ini.

  1. Pastikan Ukuran Tepat

Kaki bisa berubah ukuran akibat berat badan yang naik atau turun, jadi sebaiknya kamu mengukur panjang, lebar, dan lengkungan kaki agar benar-benar mengetahui ukuran kaki. Ukurlah kedua kaki karena kaki kiri dan kaki kanan tidak selalu sama. Selain itu, sebaiknya kamu mencoba dan membeli sepatu di sore atau malam hari karena kaki akan sedikit membesar setelah aktif seharian. Terakhir, gunakan kaus kaki saat mencoba bot untuk memastikan bahwa sepatu tetap nyaman walaupun ada lapisan kaus kaki yang tebal.

Sepatu bot yang nyaman dan berkualitas akan menunjang kekuatan kaki saat berjalan.
Foto: Timberland UK.

 

  1. Insole Harus Nyaman

Insole adalah bagian dalam sepatu yang menyentuh telapak kaki. Insole yang bagus menyangga setiap bagian dari kaki namun tetap fleksibel mengikuti gerakan kaki. Saat mencoba sepasang bot, berjalanlah di sekitar toko agar kamu merasakan seberapa nyaman kakimu saat bergerak. Selain berjalan, berdirilah di ujung jari kaki untuk mengetahui apakah jari-jari kaki mempunyai cukup ruang untuk merenggang keluar atau malah terbentur di ujung dan atas sepatu. Kemudian, naikkan tumit seakan mau naik tangga untuk mengetes apakah tumitmu bergeser-geser di dalam sepatu. Bot yang bagus akan mencengkram tumit dengan pas agar kamu bisa berjalan dengan nyaman.

  1. Lakukan 4 Tes Ini

Kamu juga harus mengetes fleksibilitas dari bagian luar dan atas bot karena karena ini akan sama-sama mempengaruhi kenyamanan. Tes bisa dilakukan dalam empat cara yaitu menekuk toebox, atau bagian depan sepatu dimana jari-jari berada, ke atas. Bot harus cukup fleksibel untuk menekuk sedikit, tapi tidak sampai setengah sepatu. Periksa juga apakah ada penyangga untuk bagian lengkungan kaki dan selalu pilih bot yang mempunyai hak yang lebar dan tebal karena ini akan membantu menjaga keseimbangan.

Referensi gaya sepatu bot pria. Foto: mtmercy.edu

 

  1. Bagian Luar Waterproof

Bot adalah sepatu yang bisa digunakan untuk kegiatan di dalam dan di luar ruangan. Kalau kamu memilih bot karena kamu orang yang aktif, pastikan bahwa kamu memilih bot yang bagian luarnya tahan air. Bahan tahan air ini akan memungkinkan kamu untuk menggunakan bot dalam keadaan dan cuaca apapun, baik saat cerah atau hujan. Keliman sepatu juga harus rapat untuk semakin melindungi kaki dari basah dan lembab.

  1. Berbahan Kulit atau Sintetis

Bot umumnya terbuat dari kulit, seperti full-grain atau nubuck, atau bahan sintetis, termasuk bahan berteknologi tinggi seperti Cordura yang tahan dari goresan. Pilihlah bot yang terbuat dari bahan yang tidak hanya sesuai dengan gaya hidupmu, tapi juga kesediaanmu untuk merawat bahan tersebut. Bahan kulit lama-lama akan menyesuaikan dengan kaki tapi kamu harus merawat kulit dengan seksama supaya tidak kering dan pecah. Sementara itu, bahan sintetis lebih mudah dirawat tapi tidak akan seelegan sepatu bot klasik.

Referensi gaya sepatu bot wanita. Foto: Hairstyles & Fashion Youtube Channel.

Sepatu bot yang nyaman baik untuk kesehatan kaki. Sehingga, sejauh apapun berjalan, kaki tidak akan terasa sakit. Selain itu, dengan sepatu bot yang berkualitas, kamu akan memberi kaki perlindungan yang diperlukan untuk menyokong kamu sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here