Suasana pengunjung pameran IFBC 2023 yang berlangsung dari 10-13 Maret 2023 di ICE BSD Hall 1. (Foto: MNEWS/Regina Mone)

MNEWS.co.id, Banten – Gelaran Pameran dan National Roadshow Info Franchise & Business Concept (IFBC) resmi dibuka di Hall 1 ICE BSD pada Jumat, (10/3/2023). Tahun ini, Pameran Rangkaian Nasional IFBC 2023 mengusung tema “Beyond Entrepreneurship” atau memaknai kewirausahaan. 

Ketua Asosiasi Franchise Indonesia Anang Sukandar mengatakan, peluang mengembangkan usaha waralaba di Indonesia masih terbuka lebar. Pasalnya, sebagian besar masyarakat Indonesia  senang berwirausaha. 

Franchise itu cocok untuk Indonesia, karena [masyarakatnya] selalu berusaha menjadi self-employed atau berwirausaha,” ujar Anang dalam acara pembukaan IFBC 2023 di Hall 1 ICE BSD, Jumat (10/3/2023). 

Lebih lanjut, Anang menambahkan bahwa Indonesia memiliki konsumsi domestik yang cukup besar dan kuat, yang akan menciptakan domestic demand. Hal ini yang membuat bisnis waralaba dan juga Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berkembang pesat. 

Dalam kesempatan yang sama, Plt Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Kasan mengatakan, perekonomian Indonesia tumbuh positif sebesar 5,31% setelah melewati 3 tahun pandemi, salah satunya didukung sektor perdagangan luar negeri seperti ekspor-impor dan perdagangan eceran yang berkontribusi cukup signifikan. 

“Ekonomi nasional sangat didukung oleh konsumsi domestik, salah satunya kegiatan franchise. Aktivitas perekonomian akan semakin bertumbuh jika pelaku usaha mendapat kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan usahanya,” ujar Kasan. 

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan tahun 2022, waralaba di Indonesia masih didominasi oleh makanan dan minuman sebesar 44,3%, sedangkan sisanya di bidang ritel, pendidikan, dan kesehatan. Bisnis waralaba menyerap tenaga kerja setidaknya 53.000 orang dan menghasilkan omzet Rp26,6 triliun. 

Pameran Rangkaian Nasional IFBC 2023 akan hadir di kota Jakarta, Tangerang, Bandung, Palembang, dan Surabaya, juga direncanakan di kota Banjarmasin.

Ada banyak ragam usaha yang ikut berpartisipasi, di antaranya sejumlah usaha milik selebriti seperti Ngopi Right (Rio Dewanto), Burger Bangor (Denny Sumargo) Basreng Gonjreng (Jenita Janet), Warkop Naik Kelas (Handika Pratama), Tentang Kopi (Dwi Handika), Es Cekek Indonesia (Aldi Taher), Izin.co.id (Christian Sugiono), dan Voffice (Titi Kamal). 

Selama kegiatan, pengunjung dapat ikuti seminar terbuka, bincang wirausaha inspiratif, kurasi produk, dan edukasi legalitas bisnis serta konsultasi bisnis.