Pantai Likupang. (Foto: Antara)

Jakarta, MNEWS.co.id – TikTok meluncurkan kampanye hyperlocal bertajuk #SerunyaIndonesia yang akan dilaksanakan selama bulan Agustus dalam rangka merayakan HUT RI ke-77.

Untuk mengawali kampanye ini, TikTok menyelenggarakan program perjalanan wisata bertajuk “Jelajah #SerunyaIndonesia” yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan online travel agent (OTA) pertama di Indonesia, tiket.com, untuk mengeksplorasi 77 destinasi wisata di Indonesia bersama kreator TikTok, Canny Claudia (@cannyclau), Firly Adhyatma Rusli (@firlyafro), Melani Amelia (@namakuamel_racosta) dan Nanda Setya Pratama Juanda (@itingsmeledak), dan akan disiarkan secara langsung di TikTok LIVE selama 77 jam.

Promosi pariwisata melalui platform digital yang inovatif merupakan salah satu fokus pemerintah melalui Kemenparekraf dalam memajukan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Peluncuran Program Jelajah SerunyaIndonesia oleh TikTok bekerasama dengan Kemenparekraf dan tiket.com. (Foto: Dok/TikTok)

Sejalan dengan prioritas Kemenparekraf, lima destinasi super prioritas yang mencakup Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Danau Toba di Sumatera Utara, dan Likupang di Sulawesi Utara akan menjadi bagian dari program Jelajah #SerunyaIndonesia ini.  

Sebagai bagian dari kampanye #SerunyaIndonesia, TikTok juga akan menghadirkan program pemberdayaan UKM #MajuBarengTikTok untuk turut berkontribusi dalam pemulihan ekonomi, serta Festival #SerunyaIndonesia untuk merayakan 77 tahun kemerdekaan dalam keberagaman dan persatuan Indonesia.  

Firnandi Gufron, Plh. Direktur Komunikasi Pemasaran, Kemenparekraf/Baparekraf menyatakan inovasi, digitalisasi, dan ekonomi kreatif merupakan solusi berkelanjutan pengembangan parekraf global yang masuk dalam lima line of action (pilar aksi) agenda Presidensi Tourism Working Group G20 Indonesia.

“Kami berharap lewat program kolaborasi bersama TikTok ini, pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bisa mendapatkan inspirasi baru dalam meningkatkan kemampuan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi yang baik, demi pariwisata Indonesia yang lebih maju, khususnya di lima destinasi prioritas yang masuk dalam rute perjalanan Jelajah #SerunyaIndonesia ini,” ujarnya dalam siaran pers yang dikutip oleh MNEWS.co.id.

Jelajah #SerunyaIndonesia ini akan dibagi menjadi empat grup penjelajahan dan melibatkan empat kreator Canny Claudia, Firly Adhyatma Rusli, Melani Amelia, dan Nanda Setya Pratama Juanda yang kerap berbagi inspirasi destinasi wisata di TikTok. Masing-masing grup akan melaksanakan penjelajahan selama 10 hari.

Grup pertama akan memulai penjelajahan di kota Aceh dan berakhir di Pontianak, grup kedua dimulai dari Samarinda dan berakhir di Yogyakarta, grup ketiga dari Manado dan berakhir di Ambon, sementara grup keempat akan memulai jelajah dari Merauke dan berakhir di Bali.

Setelah 10 hari penjelajahan berakhir, keempat grup akan kembali berkumpul merayakan Festival #SerunyaIndonesia di Jakarta.  

Tak hanya menjelajah berbagai wilayah di Indonesia, program ini juga akan mendukung pemberdayaan kreator daerah dan lokal, melalui program “Serunya On The Road (SOTR)” di tiga kota, yaitu Semarang, Bali, dan Medan.

Program ini bertujuan untuk membuka peluang dan memberdayakan ekonomi kreator di Indonesia, sehingga siapa pun dapat ikut mempromosikan wisata Indonesia dengan cara yang kreatif dan menyenangkan.  

“Ragam konten oleh para kreator yang secara aktif berbagi rekomendasi kuliner khas nusantara, wisata daerah yang terkenal, hingga rekomendasi wisata baru sebagai “hidden gem” lewat video di TikTok, menjadikan konten wisata dan travel berkembang pesat dan menjadi bagian dari lima konten teratas di Indonesia,” kata Agung Pamungkas, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia.

Agung berharap, konten livestream dari kreator yang ikut serta di “Jelajah #SerunyaIndonesia” ini dapat memberikan inspirasi dalam meningkatkan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi untuk kemajuan pariwisata Indonesia.

“Program ini pun bisa menjadi cara untuk saling menginspirasi dalam mencintai, menumbuhkan rasa bangga, sekaligus mempromosikan Indonesia dengan cara yang seru, kreatif, dan menghibur,” tambahnya.  

Sebagai online travel agent (OTA) pertama di Indonesia, tiket.com juga ikut mendukung penjelajahan empat grup agar berjalan dengan lancar. Sandra Darmosumarto, Public Relations Sr. Manager tiket.com menyatakan, penjelajahan yang akan memberikan inspirasi berbagai destinasi wisata menarik di Indonesia ini sejalan dengan komitmen tiket.com untuk terus mendorong pertumbuhan serta pemulihan industri pariwisata di Indonesia.

“Kami harap konten pariwisata yang seru dan menghibur dari para kreator TikTok nantinya dapat membawa masyarakat untuk melihat lebih luas pesona wisata Indonesia, karena masih banyak destinasi hidden gems di Indonesia dengan alamnya yang indah, budaya yang kaya, dan kuliner yang nikmat. Semoga ini dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat untuk #BulatkanTiketmu menuju liburan impian ke berbagai destinasi di Indonesia,” jelasnya.

Program Jelajah #SerunyaIndonesia mengusung kolaborasi dengan sejumlah kreator untuk menghasilkan konten livestream yang berkualitas.

“Yang menyenangkan dari TikTok LIVE adalah wadah bagi saya dan kreator lainnya untuk saling berinteraksi. Perjalanan di Jelajah #SerunyaIndonesia ini memberikan kesempatan bagi saya untuk berinteraksi, bukan hanya dengan saya dan pengguna lain, tapi juga masyarakat di berbagai daerah yang akan saya kunjungi dengan komunitas TikTok. Saya yakin akan ada banyak cerita menarik yang bisa kami sampaikan di program ini, rasanya tidak sabar!” ujar Melani Amelia, kreator TikTok LIVE.  

Rencana lainnya juga disampaikan oleh kreator TikTok, Canny Claudya, yang kerap berbagi destinasi wisata melalui akunnya.

Canny mengatakan, setiap destinasi wisata dan budaya tradisional menyimpan banyak cerita di baliknya, dan merupakan kesempatan besar baginya dan tiga rekan kreator lainnya untuk bisa mengeksplorasi kekayaan wisata Indonesia yang beragam ini melalui program Jelajah #SerunyaIndonesia.

“Semoga konten livestream yang kami bagikan dapat membuat masyarakat semakin menghargai keunikan setiap daerah di Indonesia dan menjadikan perbedaan itu sebagai hal yang menyatukan kita di Hari Kemerdekaan RI ke-77 nantinya,” harap Canny.

Informasi lengkap mengenai program “Jelajah #SerunyaIndonesia” bersama Kemenparekraf dan tiket.com, beserta dengan daftar destinasi wisata dan jadwal livestreaming di TikTok LIVE, dapat ditemukan melalui tagar #SerunyaIndonesia.