Kemenkop UKM Apresiasi Mazaraat Artisan Cheese Konsolidasikan Koperasi Produsen Susu. (Foto: Kemenkop UKM)

Tasikmalaya, MNEWS.co.id – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) mengapresiasi konsolidasi koperasi produsen susu yang bermitra dengan produsen keju Mazaraat Artisan Cheese. Hal ini demi memproduksi keju terbaik dan berkualitas tinggi dan koperasi dinilai harus berpikir bisnis.

“Bisnis yang dimaksud mendukung UKM. Sekaligus untuk melayani anggotanya,” kata Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Victoria br Simanungkalit melalui siaran pers Kemenkop UKM.

Victoria menjelaskan apa yang dilakukan Koperasi Unit Desa (KUD) Mitrayasa sangat tepat. Sebab tidak hanya menjual komoditas susu, namun juga menciptakan nilai tambah produk susu menjadi keju.

KUD Mitrayasa pun sudah melakukan kemitraan dari hulu hingga hilir demi mendukung satu ekosistem termasuk dalam hal pakan ternaknya.

“Kita menyaksikan panen perdana produksi keju KUD Mitrayasa, KUD Mitrayasa bermitra dengan Mazaraat Cheese agar dapat mengolah produk turunan susu, yaitu keju dengan standar dunia. Pasar dalam negeri juga masih terbuka dan permintaannya kian meningkat. Ternyata kualitasnya pun tidak kalah dengan keju impor,” ungkapnya.

Ia mengatakan, saat ini tidak mudah mempertahankan atau mengembangkan usaha. Hanya saja, lanjut dia, justru saat inilah mental UKM sebagai wirausaha diuji sejauh mana dapat bertahan dan berhasil menciptakan produk dengan standar dan kualitas global.

Pandemi ini berdampak kepada keberlangsungan usaha UMKM, beberapa UMKM memiliki kendala memperoleh bahan baku.  Namun, sebenarnya, kata dia, terdapat peluang yang dapat diambil guna pemanfaatan bahan baku lokal dalam pengembangan produk unggulan.

Hal itu telah dilakukan oleh Mazaraat Cheese yang memanfaatkan bahan baku susu yang diproduksi oleh petani atau peternak lokal. Victoria juga mendorong KUD produsen susu memanfaatkan program Bela Pengadaan bagi pengadaan pemerintah/lembaga dan Pasar Digital BUMN yang mengalokasikan belanja demi koperasi dan UMKM.

Ketua KUD Mitrayasa mengaku senang dapat bermitra dengan Mazaraat Cheese. “Di sini, Mazaraat tidak hanya bertindak sebagai offtaker menyerap produk susu peternak, namun juga sebagai konsultan dan pendamping untuk menghasilkan keju dengan kualitas global,” Ketua KUD Mitrayasa Fariz Amroeni.

Pemilik Mazaraat Artisan Cheese Jamie Najmi juga mengaku, tertarik kerja sama dengan KUD Mitrayasa karena memiliki visi sama, yakni ingin memajukan produk lokal. Kemudian didukung pula peralatan lengkap dan kualitas susu yang baik.

Pabrik Mazaraat Artisan Chese berlokasi di Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta. Saat ini Mazaraat Artisan Cheese memiliki sekitar 7 sampai 10 produk. Dengan varian favorit seperti Athan (camembert du Merapi), Khayya (crottin blue goat cheese), Ibra (blue cheese), Halloumi (hard cheese), dan Ghee (clarified butter).

Distribusi Mazaraat Artisan Cheese sebagian besar ke Bali, terutama hotel-hotel bintang 4 ke atas. Begitu juga di Yogyakarta dan Jakarta keju ini hadir di beberapa hotel bintang 5 dan supermarket.