Pelaku UMKM. (Foto: Marketeers)

MNEWS.co.id – Di momentum Hari UMKM Nasional, Google bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) meluncurkan sejumlah program pelatihan untuk pelaku UMKM di sepuluh provinsi.

Selama enam bulan ke depan, UMKM yang bernaung di bawah Kemenkop dapat mendaftar dan mengikuti pelatihan strategi konten dan digital marketing, cara menyiapkan e-commerce, cara agar tetap aman saat online, serta cara agar bisnis terdaftar dan muncul di Google Search dan Google Maps.

“Pada Hari UMKM Nasional 2022 ini, senang rasanya kami dapat memperluas program pelatihan kami ke wilayah Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan beberapa provinsi lainnya,” kata Director of Government Relations and Public Policy di Google Indonesia dalam siaran pers yang dikutip MNEWS.co.id, Jumat (12/8/2022).

Pelatihan akan digelar secara offline dan dilakukan menggunakan berbagai modul pelatihan yang disusun berdasarkan program Grow with Google, atau biasa disebut GWG.

“Kami memahami kebutuhan usaha kecil di sana untuk mencari pelanggan dan akan bekerja sama dengan Kemenkop untuk membantu ribuan usaha kecil beralih ke online dan siap menyongsong era perdagangan di masa depan,” kata Putri.

Sejak tahun 2015, Google telah melatih lebih dari 2 juta UKM. Selain itu, Googlee dan telah menjalankan berbagai program bersama sejumlah kementerian, antara lain program melatih UKM di wilayah Indonesia Timur (bersama Kemendag), UKM yang berfokus di sektor pariwisata (bersama Kemenpar), UKM yang berorientasi ekspor (bersama Kemenperin), dan Digital Entrepreneurship Academy (bersama Kemenkominfo).

Deputi Bidang Kewirausahaan, Kemenkop dan UKM Siti Azizah menyampaikan, melalui inisiatif kolaborasi bersama Google, pihaknya berupaya untuk memberikan pendampingan kepada pelaku koperasi, UMKM, dan wirausaha melalui program #BerubahDigital di 10 provinsi di Indonesia.

“Tujuannya agar menemukan lebih banyak pelanggan di dalam negeri, dan bahkan, hingga ke Asia Tenggara,” tutur Siti Azizah.

Siti mengatakan, Kemenkop UKM pun berkomitmen untuk membantu lebih banyak UMKM go digital dengan memperkuat perwujudan wirausaha yang adaptif, inovatif, dan berkelanjutan.

Kemenkop UKM memiliki target untuk mendigitalisasikan 30 juta UKM di Indonesia hingga tahun 2024.

“Kami berharap, melalui kegiatan seperti Grow with Google, dapat mempercepat pemulihan ekonomi kita dan menjadi awal dari kolaborasi berkelanjutan,” pungkasnya.