MNEWS.co.id – Di era digital yang semakin berkembang, peran teknologi dan digitalisasi menjadi kunci kesuksesan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (Indonesia).

Menyadari pentingnya hal ini, DOKU, sebagai pionir payment gateway di Indonesia, telah meluncurkan langkah strategis yang bertujuan untuk memberikan dukungan dan solusi digital kepada UMKM dalam menghadapi perubahan pasar yang cepat dan semakin kompetitif.

Langkah strategis DOKU ini membuktikan keseriusannya untuk masuk ke segmen UMKM setelah selama 16 tahun berfokus menggarap segmen korporat. DOKU juga menyatakan transformasi bisnisnya dari payment gateway menjadi perusahaan teknologi pembayaran.

DOKU resmi mengumumkan kehadiran Juragan DOKU, sebuah inisiatif terbaru untuk mendorong percepatan proses digitalisasi UMKM di Indonesia.

Inisiatif ini dilakukan DOKU melalui kolaborasi bersama mitra strategis seperti Komunitas Sahabat UMKM, Strive Indonesia (Mercy Corp & Mastercard), dan SparkLabs (Universitas Pelita Harapan).

Menurut CEO DOKU, Chris Yeo, aplikasi Juragan DOKU merupakan inisiatif terbaru perusahaan yang menyasar segmen UMKM Indonesia khususnya mereka yang berjualan di media sosial.

“Juragan DOKU merupakan inisiatif kami untuk pertumbuhan lanjutan (growth initiatives) yang menyasar segmen pasar UMKM Indonesia, setelah tahun lalu kami melakukan ekspansi bisnis ke Malaysia melalui akuisisi senangPay,” ungkap Chris.

Chris melanjutkan, Juragan DOKU menawarkan cara terima pembayaran yang cepat, mudah dan lengkap baik online maupun offline bagi para penjual di media sosial atau yang lebih dikenal dengan sebutan social sellers.

“Melalui Juragan DOKU kami berharap tidak hanya dapat meningkatkan jumlah transaksi saja, namun juga mendukung pelaku UMKM untuk memperluas basis pelanggan mereka dengan tersedianya berbagai metode pembayaran,” sambung Chris.

Sementara itu Head of SME DOKU, Angga Narendra mengungkapkan kalau aplikasi ini sudah diperkenalkan sejak awal tahun 2023 dan mendapatkan respon yang baik dari pelaku UMKM. Tercatat 10 ribu UMKM Indonesia sudah bergabung ke aplikasi Juragan DOKU.

“Indikasi ini yang membuat kami semakin yakin untuk melanjutkan ekspansi DOKU untuk menggarap segmen UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian bangsa,” jelas Angga.

Sekretaris Jenderal Komunitas Sahabat UMKM, Faisal Hasan Basri mengapresiasi kolaborasi yang terjalin melalui inisiatif Juragan DOKU dan berharap sinergi ini dapat bermanfaat bagi semua pelaku UMKM di Indonesia.

Faisal mengatakan, pihaknya sebagai salah satu mitra strategis Juragan DOKU sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk berkolaborasi mendukung UMKM Indonesia.

“Komitmen yang kuat telah ditunjukkan bahwa Juragan DOKU bukan hanya ingin produknya digunakan oleh pelaku UMKM, tetapi juga selalu memberikan literasi digital serta keuangan di setiap interaksinya bersama Sahabat UMKM,” ungkap Faisal dalam keterangan tertulisnya.