Ilustrasi Teknologi Informasi. Foto: Pexels.
Ilustrasi Teknologi Informasi. Foto: Pexels.

Semarang, MNEWS.co.id – Kementerian Koperasi dan UKM menyebut banyak peluang yang bisa digarap oleh anak-anak muda saat ini di era revolusi industri 4.0, terlebih penggunaan teknologi informasi yang semakin akrab di kalangan generasi muda.

“Revolusi industri yang saat ini terjadi adalah yang keempat atau 4.0, bisa dikatakan merupakan bagian dari proses kehidupan di muka bumi ini. Artinya kita tidak bisa menghindarinya apalagi menolaknya dan mau tidak mau kita harus menghadapinya,” ujar Plt. Deputi Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Rulli Nuryanto pada acara Seminar Nasional Digital Entrepreneur di Era Millenial di kampus Universitas PGRI Semarang, Sabtu (13/10/2018).

Seminar Nasional Digital Entrepreneur di Era Millenial di kampus Universitas PGRI Semarang,
Sabtu (13/10/2018). Foto: (doc/KemenkopUKM)

Untuk itu, Ia melanjutkan, semua pihak tidak boleh hanya merasa ketakutan menghadapi revolusi Industri 4.0 tetapi harus mempersiapkan diri menghadapinya. Menurut dia, memasuki era revolusi Industri 4.0 perubahan terjadi semakin cepat.

“Memang akan banyak bidang pekerjaan yang akan hilang sebagai konsekuensi kemajuan teknologi, tetapi akan banyak pula peluang yang bisa dimanfaatkan anak-anak muda khususnya bidang usaha yang kental dengan pemanfaatan teknologi informasi,” imbuhnya.

Rulli menambahkan, perubahan tersebut juga termasuk soal selera terhadap produk.

“Para pelaku usaha termasuk koperasi dan UKM harus dapat mengantisipasi perubahan-perubahan tersebut, apalagi pergerakan perubahan tersebut semakin cepat,” pungkas Rulli.

Hal itu karena siapa saja yang lincah dalam mengikuti dan mengadopsi perubahan akan dapat bertahan dan memenangkan persaingan. Rulli juga mengapresiasi kegiatan Lomba Cerdas Cermat tentang Perkoperasian bagi siswa SMA di provinsi Jawa Tengah sebagai rangkaian kegiatan dari Kopma Universitas PGRI Semarang. Ia berpendapat kegiatan itu akan mampu mendukung upaya untuk terus meningkatkan pemahaman tentang koperasi di kalangan pelajar dan anak muda.