Bazar UMKM Ramadan Fest 2023 yang berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kemenparekraf, Jakarta. (Foto: Dok/Kemenparekraf)

MNEWS.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan bazar UMKM Ramadan Fest 2023 yang berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta. 

Bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan Kemenparekraf/Baparekraf, bazar yang akan berlangsung sepanjang bulan Ramadan ini menghadirkan ragam produk ekonomi kreatif mulai dari kuliner, kriya, hingga fesyen. Produk unggulan UMKM yang hadir misalnya dari brand lokal Batik Trusmi, Batik Umbul Tirta, dan banyak lainnya. 

Dalam sambutannya di acara peresmian bazar, Sandiaga mengatakan, ragam produk UMKM berkualitas yang dihadirkan di bazar ini dapat menjadi pilihan bagi masyarakat dalam mencari kebutuhan Lebaran. 

“Saya sangat mendukung kegiatan bazar Ramadan ini karena menghadirkan berbagai produk UMKM. Masyarakat dapat mencari berbagai kebutuhan selama bulan Ramadan juga lebaran. Karena biasanya menjelang lebaran kita perlu baju baru, juga perlu bawa oleh-oleh untuk mudik lebaran,” kata Sandiaga dikutip MNEWS.co.id dari siaran pers Kemenparekraf, Rabu (5/4/2023). 

Di sisi lain, bazar ini juga menjadi ruang yang efektif bagi pelaku ekraf khususnya UMKM untuk memperluas pasar. Meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan menjadi peluang bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan.

Kegiatan bazar ini bisa memotivasi para pelaku usaha baik di tingkat kecil maupun menengah dan kembali untuk membangun serta mengembangkan usaha. 

“Tulang punggung ekonomi kreatif itu ada di UMKM, maka wajib untuk kita menjadi Rojali yaitu rombongan yang jadi beli, bukan hanya Rohali atau rombongan yang hanya lihat-lihat,” tutup Sandiaga.