Suasana pengunjung Kampoeng Tempo Doeloe di La Piazza Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta. (Foto: ANTARA/Vinny Shoffa Salma)

MNEWS.co.id – Setelah absen karena pandemi COVID-19, event ikonis JF3 Food Festival kembali hadir untuk yang ke-18 kalinya pada tanggal 3 Agustus-3 September 2023 di La Piazza, Summarecon Mall Kelapa Gading.

JF3 Food Festival tahun ini kembali menghadirkan 2 program utama yaitu Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) dan Wonderful Culinary Expo (WCE) dengan mengusung tema #JelajahKulinerNusantara.

Sejalan dengan semangat pemberdayaan yang menjadi misi JF3 tahun ini, Kampoeng Tempo Doeloe mengajak seluruh pihak untuk terus mengenal, menikmati, mencintai dan mendukung keberlangsungan pemberdayaan UMKM lokal khususnya di industri kuliner Indonesia secara berkelanjutan sehingga warisan kuliner nusantara tetap lestari hingga lintas generasi.

“Kami bersyukur bahwa penyelenggaraan JF3 tahun ini dapat kembali hadir dan mendapat dukungan serta antusiasme dari berbagai pihak. Kami harapkan para pelaku usaha kuliner dapat memanfaatkan JF3 sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis yang lebih baik, dan kompetitif bahkan hingga mampu bersaing di pasar internasional,” ujar Chairman JF3, Soegianto Nagaria dalam keterangannya, Minggu (6/8/2023).

Dalam penyelenggaraannya yang ke-18 tahun ini, KTD menghadirkan lebih dari 600 menu makanan Indonesia dari 100 tenant terpilih yang berasal dari berbagai daerah, mulai dari Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, hingga Sulawesi.

KTD menghadirkan lebih dari 10 Menu Kuliner Legendaris favorit, diantaranya Otak – Otak Binatu An, Pisang Goreng Madu & Rumah Jajan Bu Nanik, Se’i Sapi Lamalera, Pukis Telur Kampung Sumber Rejeki, Nasi Empal Bu Marie, Waroeng Kopi dan Roti Panggang TUNG TAU sejak 1938, Bubur Ikan Pontianak Ango, Es Podeng DAPLUN, Sop Konro Karebosi & Coto Makassar, dan Bakso Ikan Telur Asin Ahan.

Kuliner Legendaris ini dipilih berdasarkan riset dan kurasi yang dilakukan oleh tim KTD, dengan beberapa kriteria diantaranya adalah nilai legendaris, bersejarah dan kepopuleran menu dari masing-masing daerah asalnya.

WCE hadir tak kalah menarik, berlokasi di area yang sama, WCE menghadirkan beragam kopi-kopi kurasi terbaik Nusantara, seperti kopi Gayo, Toraja, Jawa, Flores, Bali, dan Papua.

WCE diselenggarakan melalui kerja sama dengan Strada Coffee yang mengolah biji kopi menggunakan standar internasional bersertifikasi sehingga rasa dan kualitasnya tak kalah kopi impor.

Tak hanya kopi, hadir pula beragam coklat, keju dan makanan lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Selain ragam kuliner nusantara, KTD tahun ini juga menggelar beragam penampilan spesial, seperti penampilan musik tradisional dan penampilan band setiap hari. Tidak ketinggalan hiburan musik dari special performance dari beberapa artis, seperti Adera pada tanggal 12 Agustus 2023 dan Nidji pada tanggal 18 Agustus 2023 juga akan hadir untuk menambah semarak suasana KTD.

Dilengkapi dengan dekorasi unik khas tradisional Indonesia, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seru, mulai dari cooking class dan lempar cincin. Selain itu, mengusung konsep seperti pasar malam, pengunjung juga dapat menikmati 10 wahana seru, mulai dari bianglala, kora-kora, ontang anting, carousel, ombak banyu, kincir mini, kereta, istana balon, bola air, hingga bermain perahu dengan kisaran harga dari Rp25.000,- hingga Rp30.000,-.

Dengan metode pembayaran cashless, para pengunjung dapat menjelajah kuliner nusantara di KTD setiap hari, pada hari Senin hingga Kamis memiliki jam operasional 16.00-22.00 WIB, Jumat 16.00-23.00 WIB, Sabtu & Hari Libur 11.00-23.00 WIB, dan Minggu jam 11.00-22.00 WIB.