Ilustrasi. Foto: City of Phoenix.
Ilustrasi. Foto: City of Phoenix.

Padang, MNEWS.co.id – Wirausaha pemula didukung untuk membentuk komunitas sebagai wadah belajar dan berjejaring, yakni New Entrepreneurs Society (NES).

Asisten Deputi Permodalan Kementerian Koperasi dan UKM, Fixy, mengatakan bahwa Pemerintah sangat mendukung inisiatif para pelaku usaha pemula untuk membentuk komunitas seperti NES.

“Melalui wadah NES yg merupakan inisiatif dari wirausaha pemula di berbagai daerah, diharapkan akan saling membangun kemandirian antar anggota komunitas dan mampu mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi wirausaha pemula bersama-sama,” pungkas Fixy saat membuka Forum Penguatan Komunitas Wirausaha Pemula di Hotel Axana Padang, Rabu (26/6/2019).

Asisten Deputi Permodalan Kementerian Koperasi dan UKM, Fixy, dalam
Forum Penguatan Komunitas Wirausaha Pemula di Hotel Axana Padang, Rabu (26/6/2019).
Foto: Kemenkop.

 

Forum Penguatan Komunitas Wirausaha Pemula salah satunya di Padang, Sumatera Barat, dan dihadiri 30 wirausaha pemula dari Kabupaten Solok, Pariaman, dan Sawahlunto, Sumbar. Dalam acara yang mengambil tema Pentahelix untuk Penguatan Komunitas Wirausaha Pemula itu, Fixy menegaskan pentingnya kreativitas bagi para pengusaha pemula agar bisa berhasil.

Menurutnya, Wirausaha Pemula harus bisa mengorganisasikan diri agar memiliki jaringan usaha yang luas sehingga naik kelas. “Perlu inisiatif dan kreativitas wirausaha pemula, sehingga tumbuh sikap mandiri dalam menangkap berbagai peluang usaha yang ada,” kata Fixy.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat dalam forum tersebut menjelaskan, sikap mental wirausaha sudah dimiliki oleh orang Padang. “Tinggal sering diasah dengan banyak praktik usaha dan diperkuat dengan solidaritas,” katanya.

Unsur pentahelix UMKM hadir lengkap dalam forum tersebut. Selain pemerintah pusat (Asdep Permodalan Deputi Pembiayaan dan Asdep Pengembangan dan Penguatan Usaha Deputi Restrukturisasi Usaha), juga dari Dinas KUKM Provinsi Sumatera Barat, hadir pula wakil dari Universitas Bung Hatta, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) Cabang Padang, ABDSI Sumatera Barat, dan Dekopinwil Sumatera Barat.

Samsul Hadi sebagai fasilitator forum tersebut memaparkan tentang visi, misi, dan program NES termasuk penjelasan tentang website Wirausaha Pemula dan rencana Temu Nasional Wirausaha Pemula 2019.