Ilustrasi Ojek Online. Foto: google.com
Ilustrasi Ojek Online. Foto: google.com

Jakarta, MNEWS.co.id – Perkembangan platform digital dari GO-JEK, yakni GO-FOOD dan GO-SEND turut andil dalam meningkatkan pertumbuhan UMKM di Indonesia hingga berkali lipat.

Berdasarkan infografis dari Katadata, dalam enam bulan terakhir sudah lebih dari 4 juta martabak, 9,5 juta ayam geprek, dan 4 juta kopi dikirim dari UMKM ke konsumen melalui GO-FOOD. Jumlah ini tentu tak akan terealisasikan tanpa bantuan platform online yang kian pesat dengan dukungan teknologi informasi.

Selain GO-FOOD, akselerator UMKM lainnya adalah layanan GO-SEND. Lebih dari 203 toko online dari 48 partner e-commerce memanfaatkan GO-SEND Same Day dan GO-SEND Instant Courier untuk mengirimkan dagangan mereka ke konsumen di hari yang sama. Barang yang paling banyak diantar antara lain makanan, pakaian, dokumen, kue, dan surat.

Dengan memanfaatkan berbagai platform digital yang ada, pelaku UMKM khususnya kuliner tidak perlu pusing lagi dengan sewa tempat atau pengiriman makanan. Hanya dengan berjualan dari rumah, pelaku UMKM bisa menjangkau berbagai kawasan dengan bantuan ojek online.

Bahkan, berdasarkan pantauan, ada pula pelaku UMKM yang menjajakan kuliner dengan gerobak tanpa sewa ruangan untuk makan di tempat, melayani penjualan dengan GO-FOOD. Fenomena ini tentu akan berkembang semakin pesat ke depan, seiring dengan pertumbuhan e-commerce dan mitra ojek online yang semakin bertambah.

Sumber: Katadata