Foto: Kementerian Luar Negeri
Foto: Kementerian Luar Negeri

Amsterdam – Dalam rangka terus mendorong peningkatan nilai ekspor produk minuman  Indonesia ke Belanda utamanya produk teh organik,  KBRI Den Haag melakukan kegiatan promosi melalui program Tea Tasting. Pada kegiatan promosi ini, KBRI Den Haag menggandeng distributor makanan dan minuman Indonesia di Belanda serta perusahaan eksportir teh organik Indonesia PT Bukit Sari.

Kegiatan Tea Tasting ini dilakukan di dua restoran ternama Belanda yakni ‘Ron Gastro Bar Indonesia Downtown’ Amsterdam dan ‘Ron Gastro Bar Indonesia’ OudeKerk Amstelveen selama dua hari berturut-turut pada tanggal 17-18 Februari 2019. 

Kegiatan promosi ini bertujuan untuk mendorong restoran-restoran ternama Indonesia di Belanda menyajikan teh organik Indonesia dalam salah satu menunya dimana rata-rata pengunjung restoran tersebut  adalah  masyarakat Belanda kalangan menengah ke atas dan para expat yang bekerja di Belanda. Promosi teh organik Indonesia  di Belanda ini juga merupakan salah satu upaya KBRI Den Haag untuk melakukan country-branding.

Promosi teh organik kali ini dilakukan dengan konsep Tea Tasting dengan membagi-bagikan minuman teh hangat bagi para pengunjung restoran pada saat lunch. Melihat animo yang positif dari para pengunjung restoran, pihak manajemen restoran ‘Ron Gastro Bar Indonesia Downtown’, Amsterdam secara positif telah menyampaikan kepada pihak perusahaan Indonesia untuk dapat men-supply-nya tidak hanya terbatas pada tehnya saja namun sekaligus Tea Set nya. Sementara itu, pihak manajemen restoran ‘BistroBar Indonesia’, Haarlem meminta perusahaan eksportir Indonesia untuk men-supply tehnya saja tanpa Tea Set.​

Health trend yang berkembang di Belanda saat ini telah menyebabkan meningkatnya konsumsi akan organicsustainable dan high quality tea. Selain itu, tren yang juga berkembang di Belanda adalah Tea Pairing, yakni memadukan makanan jenis tertentu  dengan jenis teh yang disajikan.

Trend Tea Pairing ini menambah dimensi baru dalam pengalaman bersantap makan. Trend inilah yang  mendorong meningkatnya penjualan teh yang berkualitas tinggi. Oleh karenanya, promosi teh organik Indonesia di Belanda kali ini dirasa sangat tepat dalam rangka mengikuti trend permintaan pasar yang berkembang di Belanda serta memanfaatkan momentum pertumbuhan impor teh Belanda dari dunia yang terus mengalami peningkatan sebesar 11,50 % dengan nilai sebesar USD 115, 81 juta.  

Saat ini, pihak manajemen  restoran Indonesia ‘Ron Gastro Bar Indonesia Downtown’ yang berlokasi di Amsterdam telah mengkonfirmasi untuk menggunakan teh organik Indonesia milik PT Bukit Sari dengan pilihan rasa pandanus tea, java evening tea dandowntown tea  untuk menjadi salah satu sajian menunya dengan catatan perusahaan Indonesia tidak hanya mensupply tehnya saja namun sekaligus menyediakan Tea Setnya.

Sementara itu, restoran Bistro Bar Indonesia  yang berlokasi di Haarlem, Belanda lebih memilih menggunakan rasa  pandanus tea  dan meminta perusahaan Indonesia untuk dapat mensupply teh dalam bentuk bulk tanpaTea Set.

Melihat respons yang positif dari dua restoran ternama Indonesia di Belanda tersebut, dalam waktu dekat KBRI Den Haag akan  mengagendakan kerjasama promosi teh Indonesia dengan beberapa hotel besar di Belanda, salah satunya Hotel Jakarta yang belum lama berdiri di Amsterdam serta hotel-hotel lain yang berada di bawah satu manajemen.

Melalui upaya promosi yang terus menerus, diharapkan dapat  mendorong masuknya produk teh Indonesia ke Belanda melalui restoran-restoran ternama Indonesia di Belanda, dan ke depan diharapkan dapat masuk melalui hotel-hotel ternama di Belanda salah satunya Hotel Jakarta di Amsterdam serta hotel-hotel di Belanda lainnya yang berada di bawah satu manajemen. 

 

Sumber: Kementerian Luar Negeri