Visualisasi Kegiatan Pameran (Pasar Kita Sahabat UMKM) dok: M-NEWS
Visualisasi Kegiatan Pameran (Pasar Kita Sahabat UMKM) dok: M-NEWS

Jakarta, MNEWS.co.id – Pemerintah Daerah (Pemda) diimbau untuk aktif mempopulerkan produk koperasi dan UKM unggulan di wilayahnya dalam berbagai pameran baik di dalam maupun di luar negeri.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (21/11), Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Meliadi Sembiring mengatakan, peran Pemda sangat signifikan untuk perkembangan usaha dan perluasan pasar produk UKM.

“Kalau UKM bisa berkembang dengan baik, maka akan mengurangi kesenjangan ekonomi masyarakat di daerah. Kalau pertumbuhan ekonomi bisa diimbangi dengan KUKM, maka Saya yakin tingkat kesenjangan bisa dipersempit,” ujar Meliadi.

Menurutnya, kegiatan pameran sangat berpotensi dalam meningkatkan transaksi dan aktivitas perdagangan.

Meliadi mencontohkan pameran Bengkulu Expo ke-9 dan Pasar Rakyat, dalam rangka peringatan HUT ke-50 Provinsi Bengkulu di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu yang diadakan belum lama ini juga bisa menjadi ajang untuk mengangkat popularitas dan wadah promosi KUKM setempat.

“Ini yang harus kita perkenalkan sehingga bisa terjadi transaksi perekonomian dan transaksi aktivitas perdagangan. Kalau sudah besar bisa tambah pendapatan bagi KUKM nantinya,” ujar Meliadi.

Ia mengatakan, KUKM memiliki arti penting bagi perekonomian nasional, karena merupakan mayoritas pelaku usaha dari total pelaku usaha yang ada di Indonesia.

Namun Ia menyadari bahwa KUKM masih menghadapi sejumlah kendala seperti keterbatasan modal usaha, akses pasar, dan terbatasnya keterampilan SDM. Padahal di era perdagangan bebas saat ini, KUKM juga harus bisa bersaing dengan produk asing yang telah membanjiri pasar dalam negeri.

Meliadi berharap berbagai pameran baik di dalam maupun di luar negeri dapat menjadi sarana bagi KUKM lokal untuk mempromosikan produknya, mendorong peningkatan daya saing, memotivasi KUKM dalam mengeksplorasi potensi yang dimiliki sehingga menghasilkan produk yang bernilai jual tinggi. Selain itu, melalui kegiatan pameran diharapkan dapat mempertemukan produsen dengan buyer, baik dalam maupun luar negeri, sekaligus sebagai upaya penguatan pasar, pengembangan serta peningkatan mutu produk KUKM lokal.