Jakarta, MNEWS.co.id – Sekarang, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tidak perlu bingung dan ribet lagi untuk mengiklankan usahanya. Dengan selembar uang 10 ribu Rupiah, pelaku UMKM sudah bisa beriklan di Adx Asia.
Kalau sebelumnya, pelaku UMKM beriklan secara konvensional melalui brosur atau flyer, maupun iklan lewat SMS Broadcast secara perorangan atau jarkom di grup whatsapp, kini iklan UMKM bisa menjangkau berbagai tempat-tempat publik seperti restoran, supermarket, SPBU, hingga billboard dan bioskop.
Fitur ini tersedia di marketplace beriklan pertama di Indonesia untuk UMKM, Adx Asia. Dengan Rp 10 ribu saja, pelaku UMKM sudah bisa memasang iklannya di lokasi-lokasi strategis. Tidak hanya sekadar memasang iklan, nantinya pelaku UMKM yang bingung akan membuat konten iklan seperti apa, akan dibantu oleh tim dari Adx Asia.
Head of Marketing Adx Asia, Frebriansyah Hermawan, mengungkapkan misi Adx Asia yang ingin mempermudah UMKM dalam memperluas jangkauan target pasarnya melalui pemasangan iklan yang mudah dan tanpa ribet.
“Kita benar-benar pengin kasih yang paling mudah buat semua orang. Ada digital screen, billboard, juga digital advertising. Kami hadir karena banyak prosedur beriklan yang jadi halangan UMKM karena cenderung ribet dan pasang iklan harus bayar menggunakan kartu kredit,” pungkas Frebriansyah saat Konferensi Pers Adx Asia “Jadi Pemenang” di CoHive D.Lab, Menteng, Jakarta, Selasa (15/1/2019).
Selain mengadakan demo pasang iklan di situs Adx Asia, Frebri juga menjelaskan fitur-fitur yang memudahkan UMKM beriklan. Kebanyakan klien dari UMKM yang memasang iklan di Adx Asia didominasi sektor fashion dan service seperti percetakan, barbershop, pengiriman barang, hingga properti dan tak ketinggalan online shop.
Sebanyak 80 persen pelaku UMKM yang memasang iklan di Adx Asia berasal dari wilayah Jabodetabek. Total ada sekitar 200 pelaku usaha yang telah mengiklankan bisnisnya melalui layanan Adx Asia.
“Beriklan disini sama mudahnya dengan belanja dari marketplace lainnya. Bedanya, di Adx Asia belanja inventory untuk beriklan. Ada fitur estimated views dan potential reach di setiap iklan yang dipasang. Ada fitur promo code, fitur collection berupa paket-paket sesuai regionalnya. Sudah ada pilihan tempat-tempat yang sudah dioptimalisasikan sesuai dengan daerah yang diinginkan. Ada juga fitur digital reach based on budget,” jelas Frebri.
Ia menambahkan, tanggal 18 Januari nanti Adx Asia akan mengadakan launching video kampanye “Jadi Pemenang” dengan pendekatan yang cukup menarik. Bahwa Adx Asia hadir untuk membantu UMKM Indonesia. Uniknya, mereka tidak menggunakan talent dari agensi, tetapi mengajak klien dan staf Adx Asia untuk terlibat dalam pembuatan video. Alasannya, agar bisa lebih dekat dan tak berjarak dengan para pelaku UMKM.
“Alasannya pake talent sendiri supaya lebih approachable. Kita pengin sharing bahwa pasang iklan di Adx Asia lebih lengkap, murah dan cepat. Pasang iklan cuma 15 menit. Harganya juga, kita lebih murah dari nasi goreng,” imbuhnya sambil tersenyum.
di CoHive D.Lab, Menteng, Jakarta, Selasa (15/1/2019). Foto: (doc/MNEWS).
Sementara itu, pelaku UMKM juga bisa belajar bagaimana cara membuat konten iklan yang baik dan tepat sasaran, lewat tayangan channel Youtube Adx Asia. Setiap bulannya, Adx Asia menyelenggarakan Kelas Komunitas Adx Eureka yang menyajikan tips-tips membuat konten yang menarik bagi pelaku UMKM. Kelas Komunitas ini diadakan oleh Adx Asia dengan menggandeng komunitas UMKM yang ada, seperti komunitas Sahabat UMKM.
“Kita sempat buat kelas komunitas di mana kita dapat insight, pelaku UMKM bukannya tidak punya budget, tapi bingung mau buat konten seperti apa. Waktu itu kita sempat buat konten untuk beberapa UMKM. Kita memang punya program yang mau di-launching, jadi ke depannya orang ngga cuma bisa beriklan tapi (tahu) gimana membuat konten yang baik. Ke depannya akan kita eskalasi, supaya semuanya bisa dapat kesempatan yang sama,” tambah Frebri.
Beberapa klien Adx Asia menyatakan kepuasan mereka karena iklan yang dipasang bisa tampil di partner yang merupakan brand besar seperti Pepper Lunch, Kintan, Shaburi, maupun SPBU di kota besar. Untuk informasi lebih lanjut, bisa diklik di situs Adx Asia.