Suasana Saat Gladi Bersih Pameran kegiatan Studi Karya Bakti Karang Taruna (SKBKT) dan Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT). (Foto : Dok Beritanasional.id)
Suasana Saat Gladi Bersih Pameran kegiatan Studi Karya Bakti Karang Taruna (SKBKT) dan Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT). (Foto : Dok Beritanasional.id)

Makassar, MNEWS.co.id – Berbagai hasil produk kerajinan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta karya seni asal Sidrap dihadirkan dalam Pameran kegiatan Studi Karya Bakti Karang Taruna (SKBKT) dan Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT). Karang Taruna Kabupaten Sidrap menjadi tuan rumah pada kegiatan yang dilaksanakan selama lima hari sejak 25 sampai 29 september 2019.

Salah satu hasil produk pengrajin desa Padangloang Alau adalah Paggontang yang biasa digunakan masyarakat sebagai alat tradisional dalam mengolah adonan kue. Paggontang menjadi primadona dan berhasil menarik perhatian pengunjung di pameran tersebut.

Sekilas mengenal hasil kerajinan Paggontang ini, menurut warga setempat awal mula munculnya ide kerajinan ini adalah ketika seorang anak sekolah pada tahun 80-an hendak ke Kalimantan. Namun dalam perjalanannya dia tidak memiliki uang perjalanan dan biaya sekolah yang cukup, sehingga akhirnya membeli bahan sederhana di Kota Parepare seperti “tasi” (bahasa Bugis). Selanjutnya Ia mencari batang kayu bunga dan mengajarkan  ke orang tua yang tidak memiliki pekerjaan dan hasil kerajinan berupa Paggontang ini untuk dijual ke pasar.

Penjualan hasil kerajinan Paggontang berhasil menembus pasar lokal seperti Kalimantan, Palu, dan Kendari, bahkan ada yang mengirim ke Malaysia. Banyaknya para pembeli yang berasal dari luar daerah menandakan bahwa produksi UMKM di Sidrap banyak diminati serta memiliki kualitas produksi yang tidak kalah dengan produk kerajinan daerah lain.

Pameran tersebut bertujuan untuk mengenalkan produk kerajinan Sidrap contohnya seperti parang, cobe paggontang, serta alat-alat pertanian seperti cangkul, sabit, pisau dapur, parang asal Kelurahan Massepe dan cobe cobe berasal dari desa Allakuang. Selain itu juga ada abon cabe, becce Laung, serta olahan coklat dari Kecamatan Pitu Riawa, dan kerajinan lainnya dari Kabupaten Sidrap.