Ilustrasi

Jakarta, MNEWS.co.id – Berbicara mengenai startup di Indonesia pasti sudah tidak terasa asing lagi, karena saat ini sudah banyak bermunculan startup bisnis di Indonesia. Karena berbicara tentang bisnis yang berkembang saat ini, maka membangun mendirikan bisnis rintisan digital atau startup merupakan jawaban yang tepat. 

Untuk mewujudkan cita-cita para pemilik (founder) startup bisnis ataupun masyarakat yang ingin membuat startup bisnis dan masih bingung untuk memulai darimana, maka fX Sudirman pun menyelenggarakan event yang bernama KOLABORASI 2019. Acara ini merupakan hasil bentuk kerjasama antara ADX Asia dan Co.LAB Series yang berlangsung dari tanggal 29 Juli 2019 hingga 30 Juli 2019 di F3 atrium fX Sudirman. Dan FX Sudirman juga akan menghadirkan event startup secara berkala pada tanggal 16-17 Agustus 2019, 25-26 Oktober 2019, dan 22-23 November 2019 di F3 atrium FX Sudirman.

Dalam rangkaian acara Kolaborasi akan menghadirkan 10 pembicara ternama yang akan berbagi kisah insiratif mereka dalam membangun startup bisnis mulai dari nol hingga ke puncak kesuksesan. Di dalam acara ini, pengunjung bisa menonton talkshow, workshop, dan juga sharing secara langsung dengan pembicara yang ada secara gratis.

Para pembicara yang hadir dalam acara Kolaborasi antara lain Irma Sustika (Founder Womanpreneur Community), Sandy Willy (CEO BelanjaQu), Muhammad S. Wahyu (Managing Director Bintang Research), Malinda (Digital & E-commerce ADX Asia), dan masih banyak lagi. 

ADX Asia sebagai salah satu pihak penyelenggara turut mendukung jalannya acara Kolaborasi pada bulan Juli 2019 ini dengan membantu menjembatani antar komunitas agar dapat saling berkolaborasi. Salah satu komunitas tersebut adalah Sahabat UMKM.

Brand Executive ADX Asia, Imelda Zefanya, mengatakan jika kerja sama pihaknya dengan FX Sudirman dalam Kolaborasi adalah untuk memberikan akses kepada para pelaku UMKM atau para pengusaha agar dapat memiliki wadah atau tempat untuk berekspresi; dengan cara menyediakan tempat untuk memperlihatkan produk yang para pelaku usaha miliki.

Tujuan yang diharapkan dari ADX Asia sendiri adalah kita ingin memberikan akses kepada UMKM atau pelaku usaha untuk bisa terus naik kelas karena kita menyadari bahwa pasar di Indonesia sendiri di dominasi oleh para pelaku UMKM. Salah satunya dengan membuat seminar atau talkshow sebagai salah satu rangkaian kegiatan kolaborasi ini karena kita juga menyadari bahwa dengan berbagi pengetahuan dapat mendukung UMKM bisa terus naik kelas.

Tujuan khusus, ingin mengenalkan ADX Asia kepada masyarakat ataupun para pelaku UMKM. Bahwa ADX Asia sendiri adalah sebuah marketplace untuk beriklan. Tidak dipungkiri bahwa dengan beriklan juga menjadi salah satu cara untuk mendukung para pelaku UMKM atau pengusaha agar dapat naik kelas; dimana produk yang mereka miliki dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas lagi.

Acara Kolaborasi melibatkan tiga komunitas UMKM besar di Indonesia, yaitu Sahabat UMKM, Womanpreneur Community dan Tangan di Atas. Ketiga UMKM tersebut melibatkan pasrtisipasi UMKM binaan mereka dalam bazaar UMKM yang merupakan bagian dari rangkaian acara KOLABORASI 2019. Sebanyak 21 pelaku UMKM dari bidang bidang fashion, kuliner, dan craft atau household binaan ketiga komunitas tersebut berpartisipasi dan menampilkan produk terbaik mereka di acara Kolaborasi 2019.

Afiat Rasyid Rustamadji, selaku Sekretaris dari BPD Sahabat UMKM DKI Jakarta berpendapat bahwa acara Kolaborasi yang diselenggarakan oleh FX Sudirman yang bekerja sama dengan ADX Asia dan Co.LAB Series merupakan suatu acara yang sangat menarik dan spesial.

“Event Kolaborasi terasa sangat spesial dan istimewa karena menghadirkan para pembicara yang hebat, selain itu juga melalui event Kolaborasi ini produk UMKM bisa goes to mall. Karena bila kita flashback beberapa tahun ke belakang, untuk produk UMKM berjualan di emperan mall aja pasti sudah diusir sama satpam. Tapi sekarang salah satu mal besar di Jakarta yaitu FX Sudirman memberikan fasilitas untuk menampilkan produk-produk unggulan UMKM,” ujar Rasyid.