Jakarta, MNEWS.co.id – Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri, meminta pelaku usaha ritel dan usaha kecil dan menengah (UMKM) agar memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan bisnis dan memperluas jaringan kerja.
“Jangan gunakan media sosial untuk bergosip dan menyebarkan hoaks. Lebih baik gunakan untuk kepentingan bisnis dan mengembangkan usaha,” kata Menaker Hanif dalam siaran pers, Jakarta, Kamis (14/2/2019).
Hanif mengatakan kunci pertumbuhan ekonomi Indonesia salah satunya melalui UMKM. Dengan UMKM yang kuat dan mandiri akan menimbulkan penguatan ekonomi nasional yang konsisten.
“Pelaku ritel harus semangat dan percaya diri menghadapi tantangan-tantangan era industri 4.0 melalui berbagai inovasi dan kolaborasi dengan asosiasi sektoralnya masing-masing,” kata Hanif.
Dalam menghadapi berkembangnya platform belanja online, kata Hanif, dibutuhkan strategi khusus yang harus diterapkan. “Perlu adanya inovasi untuk dapat meningkatkan terobosan pasar. Salah satunya melalui kolaborasi dengan kelompok lain, dengan ide ataupun terobosan yang berbeda dan unik,” lanjut Hanif.
Selain itu, para pelaku ritel perlu untuk memperluas pasar, meningkatkan kemampuan pemasaran agar bisa terus bersaing di pasar. Salah satunya yakni dengan mengoptimalkan strategi pemasaran melalui jaringan online seperti media sosial, blog, situs dan lain sebagainya.
“Di masa depan, sosmed merupakan paspor bagi kehidupan kita. Orang akan menilai kita melalui medsos yang kita miliki,” kata Hanif.