Wakil Wali Kota Banjarbaru memberikan sertifikat kepada peserta Galang UMKM 2019 (Foto : Dok.Humas Pemko Banjarbar)
Wakil Wali Kota Banjarbaru memberikan sertifikat kepada peserta Galang UMKM 2019 (Foto : Dok.Humas Pemko Banjarbar)

Banjarmasin, MNEWS.co.id – Ratusan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kota Banjarbaru dan sekitarnya mengikuti kegiatan Galang Usaha Menengah dan Kecil (UMK) di Aula Bina Satria Kota Banjarbaru, Kamis, (26/9/19). Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan didampingi Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru Muhammad Rustam.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh MarkPlus Institute bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Republik Indonesia serta International Council for Small Business (ICSB) Indonesia, menggelar Galang UKM Indonesia 2019 di 25 kota/kabupaten di Indonesia.

Ratusan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kota Banjarbaru dan sekitarnya mengikuti kegiatan Galang Usaha Menengah dan Kecil (UMK) di Aula Bina Satria Kota Banjarbaru, Kamis, (26/9/19). Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan didampingi Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru Muhammad Rustam.

Gelaran Galang UKM di Kota Banjarbaru merupakan kota ke-7, setelah sebelumnya hadir di Kabupaten Cirebon pada 24 September 2019. Roadshow di 25 kota dan kabupaten, Galang UKM Indonesia 2019 dimulai 5 September di Samarinda dan berakhir 25 November di Banyuwangi. Kegiatan Galang UKM Indonesia 2019 terdiri dari tiga rangkaian agenda utama, yakni penghargaan, apresiasi dari ICSB Indonesia Presidential Award bagi para pihak yang mendukung dan berkontribusi positif terhadap kemajuan UKM di Indonesia.

Seminar UKM bertujuan untuk menambah wawasan para pelaku UKM, serta pameran dan kurasi UKM Brilian, yakni sesi pameran & seleksi para pelaku UKM di setiap kota untuk memperoleh predikat UKM BRILIAN 2019.

Wakil Wali Kota Banjarbaru H, Darmawan Jaya Setiawan, sangat mengapreasi dengan kegiatan Galang UKM yang dilaksankan di Banjarbaru. “Semoga dengan kegiatan ini, para pelaku ekonomi kreatif di Banjarbaru semakin berkualitas baik dari segi produk maupun promosinya,” katanya.

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru Muhammad Rustam menambahkan bahwa kegiatan ini sangat positif. Apalagi banyak UMKM Kota Banjarbaru yang terus dilakukan pembinaan oleh  Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru. “Pembinaan dan pelatihan UMKM di Kota Banjarbaru terus dilakukan. Kita juga memiliki unit pusat layanan terpadu sebagai wadah pendampingan UMKM,” katanya.

Semakin banyak kegiatan UMKM akan sangat baik. Kegiatan ini sesuatu yang sangat diperlukan karena Kota Banjarbaru ini memang lagi mengembangkan produksi ekonomi kreatif yakni fashion, food, dan fun (3F).