Asrorun Ni’am Sholeh dan Imam Gunawan saat mengunjungi booth hasil produk peserta Kuliah Kewirausahaan Pemuda di Swiss Bell Hotel Kemayoran, Jakarta, Rabu (23/10/19). (Foto: MNEWS)
Asrorun Ni’am Sholeh dan Imam Gunawan saat mengunjungi booth hasil produk peserta Kuliah Kewirausahaan Pemuda di Swiss Bell Hotel Kemayoran, Jakarta, Rabu (23/10/19). (Foto: MNEWS)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kementerian Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga mengadakan Kuliah Kewirausahaan Pemuda tahap akhir yaitu, mewisuda sekaligus gelar produk hasil para peserta terpilih yang diadakan di Swiss Bell Hotel Kemayoran, Jakarta, Rabu (23/10/19).

Asrorun Ni’am Sholeh, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga mengatakan, Kemenpora sedang menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul pada generasi muda khususnya di bidang kewirausahaan.

“Kita hendak menyiapkan SDM unggul untuk kepentingan Indonesia maju sesuai visi Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Komitmen untuk meningkatkan SDM setelah pengembangan infrastruktur harus disahuti oleh seluruh elemen penyelenggara negara termasuk Kemenpora. Utamanya untuk memastikan penyiapan generasi muda khususnya di bidang kewirausahaan,” kata Asrorun.

Kemenpora menjaring strategi ini guna mencari potensi anak muda yang memiliki kemampuan pengembangan kewirausahaan. Melalui kuliah kewirausahaan ini, diharapkan akan muncul para pengusaha muda baru yang mempunyai dedikasi, kreativitas, inovasi, dan keberanian untuk mulai melakukan wirausaha.

Asrorun Ni’am Sholeh, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam pembukaan Kuliah Kewirausahaan Pemuda tahap akhir di Swiss Bell Hotel Kemayoran, Jakarta, Rabu (23/10/19) (Foto: Dok. MNEWS)

“Makanya, kuliah kewirausahaan ini bagian tak terpisahkan dari komitmen itu dan untuk melakukan percepatan maka Kemenpora menggndeng sejumlah perguruan tinggi baik negeri maupun swasta untuk bersama-sama memaksakan kegitan penumbuhan minat kewirausahaan, melakukan Kuliah Wirausaha Pemuda,” ungkapnya.

Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Imam Gunawan mengatakan, Kemenpora memberikan apresiasi kepada beberapa universitas yang telah memorandum of understanding (MoU). Selain itu, pihaknya juga menerima kritikan serta hal-hal yang ingin disampaikan dari para pendamping universitas. 

“Kita harusnya bersyukur kepada para stakeholder atau mitra yang cerewet, karena hal itu memberikan input positif untuk menciptakan kualitas yang tinggi,” kata Imam. Kegiatan ini juga menghadirkan Bony Suganda Kepala Bidang Pemberdayaan Kewirausahaan Kemenkop UKM, PLT Kepala LLDIKTI Wilayah 3 Samsuri dan CSR PT Astra Triyanto.

Kemenpora juga akan menggelar acara bertajuk Malam Anugerah Kepemudaan 2019. Acara ini untuk memeriahkan puncak Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober. Acara yang sekaligus menjadi penutup rangkaian Bulan Pemuda yang diluncurkan pada 1 Oktober itu akan diisi dengan pemberian penghargaan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional, Wirausaha Muda Pemula Berprestasi dan Penggerak Wirausaha Muda, Pemuda Hebat Internasional dan Difabel serta Anugerah Kota/Kabupaten Layak Pemuda.