Kerja sama Pemkab Serang dengan Bukalapak.com dan Blanja.com dalam mengupayakan penetrasi pasar produk UMKM dalam era industri digital. (Foto: Pemkab Serang)
Kerja sama Pemkab Serang dengan Bukalapak.com dan Blanja.com dalam mengupayakan penetrasi pasar produk UMKM dalam era industri digital. (Foto: Pemkab Serang)

Serang, MNEWS.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan dua marketplace di Indonesia, yaitu Bukalapak dan Belanja.com, sebagai upaya penetrasi pasar produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di era industri digital.

Ratu Tatu Chasanah, Bupati Serang mengatakan, kerja sama dengan marketplace tersebut merupakan salah satu program utama untuk memberdayakan dan pemberdayaan pengembangan UMKM. Ratu meyakini dengan penjualan sistem online (e-commerce), kemajuan ekonomi rakyat akan semakin pesat. “Jangkauan pemasaran produk UMKM jadi lebih luas,” katanya.

Sementara dalam sisi permodalan, Pemkab Serang terus mendorong kemajuan dengan melakukan skema kerja sama antara BPR Serang atau Bank Serang dengan PT Jamkrida Banten dan Diskoperindag Kabupaten Serang. “Kemudian dari sisi pemasaran, telah difasilitasi melalui Gerai Due Kite dan pasar online berbasis website. Kami juga mematenkan produk UMKM melalui legalitas yang kuat,” ujar Ratu.

Ratu berharap dinas terkait akan selalu memantau pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Serang, untuk meningkatkan kualitas produk serta konsisten dalam melakukan produksi. “Kami juga meminta pelaku UMKM untuk konsisten dan semangat untuk meningkatkan kualitas produknya,” tambahnya.

MoU kerja sama tersebut dilakukan langsung oleh Ratu selaku Bupati Serang dengan pada perwakilan Bukalapak.com dan Belanja.com. Selain itu pada kesempatan tersebut, Bupati Serang juga memberikan penghargaan kepada para pihak yang dinilai turut membantu pengembangan UMKM di Kabupaten Serang.

“Apresiasi kami berikan kepada para pihak yang membantu program Pemkab Serang dengan memberdayakan UMKM atau meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat,” kata Ratu.

Sementara Abdul Wahid selaku Kepala Diskoperindag Kabupaten Serang, mengatakan Gebyar UMKM bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap kinerja pelaku UMKM yang sudah mengalami kemajuan dengan baik.

“Kami terus memberikan fasilitasi, mulai dari sisi modal, produksi, legalitas, dan pemasaran. Kami juga melihat begitu tinggi semangat para pelaku UMKM di Kabupaten Serang,” kata Abdul.