Ilustrasi perajin songket Sumsel. (Foto: Widodo S Jusuf/Antara)
Ilustrasi perajin songket Sumsel. (Foto: Widodo S Jusuf/Antara)

Palembang, MNEWS.co.id – Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) berupaya meningkatkan akses sumber pembiayaan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah Sumatra bagian selatan (Sumbagsel) sehingga bisa lebih mudah mendapatkan pinjaman dari perbankan.

Perum Jamkrindo menyiapkan dana penjaminan sebesar Rp13,5 triliun untuk memfasilitasi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di lima provinsi Sumatra bagian selatan (Sumbagsel).

Melalui upaya tersebut, masyarakat yang mengembangkan UMKM diharapkan bisa merasakan manfaat yang lebih besar dengan keberadaan BUMN yang bergerak di bidang penjaminan kredit itu.

“Pelaku UMKM di Sumbagsel meliputi Provinsi Sumatra Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung yang membutuhkan dukungan penjaminan untuk mendapatkan kredit investasi dan modal kerja bisa memanfaatkan dana tersebut,” kata Pemimpin Wilayah Kanwil II Palembang Perum Jamkrindo, Adnan Lukman Hatta di Palembang, Senin (8/7/2019).

Kontribusi Perum Jamkrindo kepada masyarakat di wilayah Kanwil II Palembang meliputi Sumatra Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung selama semester pertama 2019 ini dinilai cukup besar.

Berdasarkan data Januari-Juni, pihaknya telah memfasilitasi lebih dari 50 ribu pelaku UMKM dalam memperoleh kredit untuk modal dan pengembangan usaha dengan volume penjaminan sekitar Rp6,5 triliun.

Realisasi penjaminan kredit pelaku UMKM di wilayah Sumbagsel dalam enam bulan pertama 2019 ini sesuai dengan target yang ditetapkan perusahaan.

Melihat perkembangan realisasi penjaminan kredit sepanjang tahun 2019 ini, pihaknya optimistis target penjaminan kredit terhadap pelaku UMKM dan mitra lainnya di lima provinsi wilayah Kanwil II Palembang Perum Jamkrindo dapat tercapai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here