Photo by Perry Grone from Unsplash.
Photo by Perry Grone from Unsplash.

Jakarta, MNEWS.co.id – Dalam memperluas akses pemasaran, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bisa menempuh berbagai cara. Selain dengan cara online seperti e-commerce dan platform marketplace lainnya, bisa juga dengan cara offline seperti mengikuti event, pameran, dan bazar.

Selain membuka stand di acara pameran atau bazar, pelaku UMKM juga harus aktif menelusuri berbagai kegiatan yang melibatkan partisipasi dari UMKM khususnya yang fokus untuk menggiatkan UMKM. Contohnya bazar yang diselenggarakan di lingkungan parlemen DPR RI, yang rutin diadakan untuk mendukung UMKM Indonesia mengakses pasar yang lebih luas.

Deputi Bidang Persidangan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Damayanti menyatakan, bazar yang diselenggarakan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Pensiunan Pegawai (P3S) Setjen dan BK DPR RI, serta ajang silaturahmi pegawai pensiunan Setjen dan BK DPR RI. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menggiatkan UMKM di Indonesia, mengingat keberadaan UMKM menjadi sangat penting sebagai motor penggerak ekonomi Indonesia.

“Selain ajang silaturahmi dan penggalangan dana, kita harus menggiatkan UMKM di Indonesia. UMKM adalah motor penggerak dari ekonomi. UMKM akan menjembatani para pembeli konsumen secara langsung dengan pedagang, jadi ini akan sangat berguna buat Indonesia,” katanya usai memberikan sambutan di acara pembukaan bazar dalam rangka memperingati HUT P3S yang ke-50 Tahun, di area lapangan bola DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Wanita yang akrab disapa dengan sebutan Maya ini menuturkan bahwa bazar merupakan kegiatan rutin yang setiap tahunnya diadakan di DPR RI. Ia berharap, jika nantinya bazar seperti ini diadakan lebih banyak lagi, dapat memotivasi UMKM guna menggerakkan ekonomi secara keseluruhan. Sehingga para pelaku UMKM dapat terus berinovasi dan meningkatkan kualitas usahanya, namun dengan harga yang terjangkau, dan nantinya diminati masyarakat.

Namun demikian, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh pelaku UMKM dalam berpartisipasi mengikuti bazar. Pertama, perhatikan lokasi dan ketentuan beserta persyaratan yang ditetapkan oleh penyelenggara. Siapkan sampel produk agar pengunjung dapat mencoba produk yang ditawarkan. Tidak ketinggalan, buatlah promosi atau potongan harga untuk menarik pembeli. Sebab, tujuan utama mengikuti bazar atau pameran adalah pengenalan produk, bukan untuk mengejar target penjualan.

Sumber: DPR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here