Jakarta, MNEWS.co.id – UMKM binaan BRI Syariah yang memproduksi produk Halal atau yang sudah memiliki sertifikasi Halal kini mulai Go Online melalui platform ecommerce Tokopedia “Halal Mall”.
Direktur Konsumer Bank BRI Handayani menjelaskan, dengan keberadaan Halal Mall masyarakat diberikan kemudahan untuk berbelanja barang-barang halal di Tokopedia. “Masyarakat cukup mengunjungi situs Tokopedia dan mengetik Halal Mall di kolom pencarian toko lewat ponsel atau gadget mereka. Selain produk makanan dan minuman yang telah bersertifikasi Halal, saat ini masyarakat juga dapat menemukan produk-produk busana muslim di Halal Mall ini,” imbuh Handayani Peluncuran Halal Mall ini berlangsung di BRI Innovation Center, Jakarta (06/05/2019).
Tak bisa dipungkiri, Indonesia memiliki peluang bisnis yang tinggi di industri e-commerce beserta Halal lifestyle-nya. Menurut Global Muslim Travel Index 2019, wisata halal Indonesia menduduki peringkat pertama di dunia. Dengan 85% penduduk muslim, tentu saja menjadi potensi tersendiri bagi UMKM Halal di Indonesia.
Namun pada kenyataannya para pelaku UMKM halal di Indonesia masih kesulitan dalam menjual produk-produknya secara online. Handayani mencontohkan, pengrajin ukiran kaligrafi misalnya. Waktu yang mereka miliki sudah dihabiskan untuk membuat ukiran dan mencetak bingkai kanvas sehingga tidak ada waktu lagi untuk mengurus penjualan online, dan pada akhirnya produknya hanya terjual di sekitar pengrajin saja. Tentunya kendala ini bisa diatasi lewat Halal Mall yang memperluas akses pemasaran para pengrajin.
Produk UMKM halal di Indonesia sebenarnya banyak yang memiliki keunikan tertentu dan jarang sekali kita temukan di pasaran. Kondisi inilah yang menyebabkan Bank BRI bekerjasama dengan Tokopedia untuk membuat program Halal Mall yang membantu UMKM binaan produk halal untuk berjualan online dengan lebih mudah di official store Halal Mall Tokopedia.
“Untuk tahap awal akan ada 50 UMKM yang akan dimasukkan, dimana semua proses UMKM untuk online kita bantu, dari foto produknya, meng-upload hingga melayani pertanyaan dan pesanan dari calon pembeli, semuanya diurus oleh Bank BRI. Melalui program ini kami berharap BRI dapat berkontribusi lebih dalam mendorong dan memajukan UMKM lokal serta Industri Halal di Indonesia”, imbuh Handayani.
Hal senada disampaikan Vice President of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak yang juga menyambut baik kerja sama dengan Bank BRI. Ia menilai tingginya antusiasme masyarakat terhadap produk halal, terutama saat menyambut bulan suci Ramadan. Melalui kolaborasi dengan Bank BRI, pihaknya berharap kehadiran Halal Mall di Official Store Tokopedia menjadi pilihan pasti bagi konsumen untuk mencari produk halal.
“Kami selalu berkomitmen untuk mewujudkan visi pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia, salah satu upaya kami yaitu mendukung dan memajukan UMKM lokal dengan memanfaatkan teknologi,” pungkas Nuraini.