( Foto : Dok. Berita Satu )
( Foto : Dok. Berita Satu )

Makassar, MNEWS.co.id – Kegiatan Grebeg Pasar UMKM Go Online, kali ini mendatangi pasar di Kota Makassar  dalam rangka untuk sosialisasi melek teknologi. Grebeg Pasar mengajak para pedagang pasar yang tergabung dalam usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk melakukan penjualan melalui marketplace. Kegiatan ini melibatkan 24 orang relawan Pandu Digital.

Puti Adella Elvina selaku Kepala Seksi Pengembangan dan Fasilitasi Platform Perdagangan Kominfo, menjelaskan bahwa sebanyak 2.000 UMKM berhasil mempunyai toko online marketplace. Dirinya juga menegaskan bahwa berjualan melalui marketplace, dapat memberikan peluang yang lebih besar kepada pelaku UMKM dalam meningkatkan penjualan dan menjauhkan risiko pedagang terhadap kendala yang sering kali muncul.

“Memiliki toko online memberikan alternatif kepada pedagang untuk berjualan. Bahkan ketika bencana kecil datang, misalnya kebakaran atau banjir, maka pedagang tetap bisa menjual barang dagangan mereka lewat media digital. Ini adalah salah satu kelebihan berjualan online bagi pelaku UMKM di pasar-pasar. Berdagang melalui platform digital dapat mengurangi dampak bencana yang sering terjadi di sentra-sentra perdagangan,” ucap Puti. Ajakan untuk pelaku UMKM, Puti lebih memfokuskan kepada mereka yang tidak memiliki kios yang tetap.

Pedagang di pasar-pasar tradisional, tentu lebih memilih untuk berjualan yang paling mudah di jangkau oleh calon pembeli. Oleh karena itu sering dijumpai para pedagang memenuhi jalur pejalan kaki bahkan seringkali  memakai bahu jalan untuk membuka lapak. Razia yang dilakukan oleh Petugas Pengamanan Pasar tidak membuat mereka jera. Selain itu jika terdapat lokasi berjualan yang kurang nyaman, beratapkan seng dan terdapat jalur pejalan kaki yang cukup sempit justru lokasi inilah yang malah diperebutkan oleh pedagang. 

Grebeg Pasar UMKM Go Online, sebelumnya sudah diadakan di berbagai kota yang ada di Indonesia. Program ini melibatkan  24 relawan Pandu Digital yang ada di masing-masing kota, agar dapat memberikan pelatihan guna memberikan sosialisasi, edukasi dan pendampingan secara door-to-door kepada para pedagang pasar. Grebeg Pasar yang ada di kota Makassar, berlangsung di beberapa lokasi yaitu Pasar Butung, Pasar Senggol, Daya Square, Pasar Niaga Daya, Karebosi Link dan berakhir di Pasar Sentra Makassar.