Nilai ekonomi digital Indonesia diprediksi mampu menyentuh US$146 miliar pada tahun 2025 mendatang.
Ilustrasi (image: shutterstock)

MNEWS.co.id – Perkembangan teknologi dan konektivitas yang tak kenal batas menjadi landasan kuat bagi generasi muda untuk menjajaki dan memanfaatkan ragam peluang dalam ranah ekonomi digital.

Dengan langkah kreatif dan inovatif, mereka tidak hanya dapat menciptakan lapangan kerja baru, tetapi juga merangkul ekonomi digital guna menginspirasi perubahan positif dan pertumbuhan berkelanjutan.

Dalam Focus Group Discussion (FGD) Wirausaha Digital Indonesia di Monumen Mandala, Makassar, Rabu (23/8/2023), Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, generasi muda di Makassar harus berpartisipasi dalam membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya sehingga kesempatan bagi masyarakat untuk memperoleh pekerjaan semakin mudah.

Ia juga mengungkapkan rasa kagumnya terhadap keberhasilan sejumlah generasi muda yang hadir dalam FGD itu dalam menghadirkan usaha-usaha yang kreatif dan inovatif.

“Ini sangat menggugah semangat karena apa yang diperjuangkan oleh anak-anak muda ini adalah bagaimana ekonomi bisa bergerak dalam menghadapi potensi kesenjangan sosial agar anak-anak mudalah yang jadi garda terdepan untuk memperjuangkan Indonesia maju di 2045,” kata Sandiaga. 

Sandiaga berharap, semangat ini bisa menjadi inspirasi dalam menjawab tantangan perekonomian di masa mendatang. Salah satunya dengan memanfaatkan ekonomi digital yang tengah berkembang sangat pesat di Indonesia. 

Sandiaga menuturkan pihaknya sedang mempersiapkan berbagai program untuk mengembangkan potensi usaha generasi muda Makassar. Karena 97 persen lapangan kerja di Indonesia merupakan UMKM. 

“Oleh karena itu kami sedang menyiapkan beberapa langkah yang langsung menyentuh usaha-usaha anak muda ini dengan kegiatan-kegiatan yang akan menaikkelaskan mereka juga menaikkan omzet mereka. Sehingga target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja pada 2024 bisa tercapai,” pungkas Sandiaga.