Konferensi Pers Grand Launching Tokoin di Hotel Holiday Inn Kemayoran, Jakarta, Rabu (27/2/2019). Foto: MNEWS
Konferensi Pers Grand Launching Tokoin di Hotel Holiday Inn Kemayoran, Jakarta, Rabu (27/2/2019). Foto: MNEWS

Jakarta, MNEWS.co.id – Perekonomian Indonesia ditinjau dari total PDB tiap tahun selalu meningkat dari tahun sebelumnya. Hal ini tidak lepas dari peran Pemerintah dan badan keuangan permodalan untuk mendukung kebutuhan pelaku UMKM. 

Meskipun kontribusi UMKM Indonesia terhadap PDB di tahun 2018 mencapai 60,34%, situasi ini masih menyisakan tantangan dalam memberikan pelaku UMKM ekosistem bisnis yang kondusif melalui berbagai sektor.

Ralali.com selaku Business Partner dari Tokoin dengan bangga ikut mendukung kolaborasi  yang dapat menghubungkan mitra bisnis UMKM yang dimiliki oleh Ralali.com dengan platform digital berbasis teknologi blockchain ini.

Inovasi yang dihadirkan Tokoin melalui penyediaan Digital Business Identity dan Digital Ledger ini sejalan dengan visi dan misi dari Ralali.com sebagai platform solusi bisnis bagi pelaku UMKM di Indonesia. 

“Kehadiran Tokoin sebagai digital platform menawarkan sistem pendataan yang terintegrasi secara real-time, kredibel, serta transparan bagi pelaku UMKM dalam mengelola data usaha mereka, sehingga memudahkan mereka mengembangkan bisnis,” ujar Chief Technology Officer Ralali.com, Irwan Suryady, dalam acara Grand Launching Tokoin bertajuk “The Golden Era of MSME Massive Revolution” di Hotel Holiday Inn Kemayoran, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Mempersiapkan pelaku UMKM Indonesia menuju Industri 4.0 tidak lepas dari hanya sekadar mengedukasi dan memberikan pelatihan tentang ekonomi digital, lebih dari itu, para pelaku teknologi dan pihak-pihak yang terlibat harus mampu menghadirkan kemudahan dengan menciptakan ekosistem bisnis yang kondusif.

Didirikan pada tahun 2013, Ralali.com menjadi B2B online marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam kategori bisnis, mulai dari kebutuhan produk MRO (Maintenance, Repair, dan Operation), HoReCa (Hotel, Restaurant, & Cafe), Office Supplies, dan lainnya.

Di usianya yang ke-5 tahun ini, Ralali.com mendapatkan pertumbuhan jumlah pengguna yang cukup baik dengan mencapai lebih dari 300.000 users dan 2.000.000 pengunjung tiap bulannya.

1 COMMENT