Ilustrasi. (Foto: archsmarter.com via bing.com)
Ilustrasi. (Foto: archsmarter.com via bing.com)

Depok, MNEWS.co.id – Untuk meningkatkan minat, kemampuan dan kreativitas arsitek dan desainer muda Indonesia dalam pemanfaatan teknologi digital agar mampu bersaing secara global, Pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerja sama dengan Universitas Indonesia menyelenggarakan kegiatan bertajuk Indonesia Creative Digital Architecture and Interior Design pada Selasa dan Rabu (20-21/8/2019) bertempat di Felfest UI  Jl. Prof. Dr. Miriam Budiardjo, Kampus UI Depok, Jagakarsa. 

“Sebagai upaya memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital, Bekraf dan UI melalui program Bekraf Creative Labs menggagas tema Indonesia Creative Digital Architecture and Interior Design untuk menunjang kreativitas penggunaan teknologi digital dalam bidang arsitektur dan desain interior, khususnya bagi mereka yang baru masuk ke industri ekonomi kreatif,” ujar Direktur Riset dan Pengembangan Bekraf, Wawan Rusiawan pada saat membuka kegiatan, Selasa (20/8/2019).

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk masterclass teknologi digital untuk pengembangan sumber daya manusia di bidang arsitektur dan desain interior dalam parametric and algorithm based design dan digital representation

Algorithm and parametric based design pada dasarnya merupakan metode desain berbasis pendefinisian aturan dan parameter geometris yang dapat digunakan untuk menghasilkan desain ragam bentuk yang dapat diaplikasikan dalam arsitektur dan desain interior.  Sedangkan digital representation secara khusus menyajikan  bagaimana mengemas portofolio desain arsitektur dan desain interior yang menarik.

Sebanyak 35 peserta akan mengikuti masterclass Batik FractalHow to Generate Surface Pattern dan Exploration in Parametric Design Vol II , dan 50 peserta lainnya akan bergabung dalam masterclass Communication Skills for Designer: Presenting self and works. Hadir sebagai narasumber, yaitu Co-Founder Batik Fractal, Muhamad Lukman; Dosen Arsitektur Interior UI, Arif R Wahid; Pegiat Fabrikasi Digital dan Asisten Riset Departemen Arsitektur UI, Fariz Hirzan; Praktisi Marketing dan Desain Perumahan, David Rosyada dan perwakilan NAW, Azan Subhie, S.T.

Saat ini arsitektur dan desain interior tidak hanya diartikan sebatas bagian dari fungsi dan bentuk bangunan, tetapi juga seni yang memiliki estetika. Berdasarkan OPUS 2019, PDB dari arsitektur mencapai lebih dari 21 milyar rupiah pada 2016 dan 1,4 milyar rupiah untuk desain interior dan angka tersebut terus meningkat melihat minat masyarakat yang semakin  mengapresiasi keindahan ruang.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih terhadap PDB subsektor arsitektur dan desain interior terhadap PDB nasional melalui peningkatan kapasitas SDM. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu menghidupkan creative value chain dalam ekonomi kreatif, khususnya subsektor arsitektur dan desain interior.