MNEWS.co.id – Perkembangan bisnis di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menggambarkan kobaran semangat positif sahabat UMKM untuk terus maju, berinovasi nan kreatif tanpa batas, bahkan di masa pandemi Covid-19.
UMKM kekinian bukan hanya berlomba untuk menciptakan sebuah produk, namun juga terus berinovasi dalam kreatifitas untuk mengembangkan produknya mendekati ataupun menjadi sesuai dengan kebutuhan pasar bahkan mampu bersaing dengan produk yang sudah ada di pasaran, termasuk di dalamnya bagaimana mereka mengoptimalkan teknologi yang ada guna mendapatkan kemudahan akses, perluasan jangkauan, informasi edukasi, komunitas dan pemasaran.
Untuk mendukung percepatan penetrasi digital UMKM di Indonesia, PT Dasa Karya Indonesia (PT DKI) bersama dengan SMESCO Indonesia dan para partner di dalam ekosistemnya meluncurkan program CARIpreneur dengan mengusung semangat #NYATAKANsalingbantu.
CARIpreneur merupakan suatu wadah, ajang kompetisi kekinian bagi sahabat UMKM di Indonesia. Mengusung tema “Serukan Kreasi Bisnismu Tanpa Batas” mengajak seluruh sahabat UMKM untuk terus bergerak aktif berkreasi dan berinovasi, baik melalui produknya, dan berbagai upaya dan kreasi yang dilakukan dalam mengembangkan usahanya, termasuk melalui pengoptimalan teknologi.
“Sahabat UMKM di seluruh Indonesia dapat mengikuti program CARIpreneur, yang dimulai sejak 25 Agustus 2022 dan akan melalui tahapan seleksi, mengikuti rangkaian aktivitas antara lain berupa workshop berbagai topik seperti bagaimana membuat konten produk dengan caption menarik, sharing is caring mengenai banyak hal dari para partner ekosistem dan komunitas yang ahli di bidangnya antara lain Smesco Indonesia, Bank Negara Indonesia (BNI), AdaKami, KompasTV, DBS Indonesia, Paxel Indonesia, diikuti dengan penjurian final oleh para Juri yang luar biasa dan taburan hadiah yang pastinya menarik,” jelas Tan Leny Yonathan, Founder dan CEO PT DKI.
PT DKI senantiasa berkomitmen untuk terus menyatakan semangat #NYATAKANsalingbantu mendukung pelaku UMKM sebagai salah satu pilar utama perekonomian di Indonesia. Program CARIpreneur bertaburan dukungan dari banyak sahabat komunitas, partner ekosistem termasuk juga hadiah senilai total ratusan juta rupiah dalam bentuk uang tunai, modal usaha, review dan endorse produk dan masih banyak lainnya, didukung oleh Smesco Indonesia, BNI, AdaKami, KompasTV, DBS Indonesia, Paxel Indonesia, AstraPay, Avantee, LinkUMKM BRI, Rumah BUMN Bandung, Karya Salemba Empat (KSE) dan masih banyak lainnya.
“Kerja sama ini dalam rangka sinergi Program Pengembangan Akses pasar digital utk para pelaku UKM antara LLP KUKM dengan CARInih,” jelas Wientor Rah Mada, Direktur Bisnis & Pemasaran LLP KUKM.
“LLP KUKM tidak pernah berhenti berusaha agar produk mitra binaan bisa makin bersaing di pasar, salah satunya dengan kegiatan ini maka akan didapat para pelaku UKM yang berkomitmen dan siap masuk pasar yang lebih luas melalui jalur digital atau online market,” terang Wientor.
Wientor berharap, ke depannya produk KUKM memiliki daya jual yang tinggi. Tak hanya membidik pasar lokal offline dan online namun juga mancanegara melalui cross border transaction.
“Itu yang akan terus kami upayakan”, tutupnya.