Kepri Syariah dan Halal Festival (Syahfest) 2019 yang digelar oleh Bank Indonesia Kepri di Dataran Engku Putri, Batam, Sabtu (20/7). (Foto: istimewa/humas bp batam)
Kepri Syariah dan Halal Festival (Syahfest) 2019 yang digelar oleh Bank Indonesia Kepri di Dataran Engku Putri, Batam, Sabtu (20/7). (Foto: istimewa/humas bp batam)

Batam, MNEWS.co.id – Bank Indonesia (BI) menggandeng pelaku ekonomi dari Johor, Malaysia, dan Singapura dalam gelaran Kepulauan Riau Syariah dan Halal Festival (Syahfest) 2019 di Batam, Minggu (21/7/2019).

Kepala Bank Indonesia Kepri, Fadjar Majardi mengatakan, sebanyak 12 pelaku ekonomi kedua negara Jiran itu dipertemukan dengan 27 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Pertemuan antara 27 wirausaha binaan Bank Indonesia dengan 12 potential buyers dari Johor dan Singapura yang bersinergi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Singapura,” lanjut Fadjar.

Pertemuan dengan ajang business matching itu diharapkan dapat membantu pelaku UMKM memperoleh pembeli dalam mengembangkan bisnis mereka.

Selain pertemuan bisnis antara wirausahawan binaan Bank Indonesia dengan pelaku usaha Singapura dan Malaysia, dalam kegiatan Kepri Syahfest 2019 bertema “Penguatan Ekonomi Syariah dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Kepualuan Riau” ini juga diadakan needs matching yang mempertemukan pemberi sedekah dengan masjid yang memerlukan donasi melalui peluncuran QR Amal, yaitu QR Code untuk mempermudah sedekah secara digital.

“Melalui QR Amal ini masyarakat dapat menyampaikan donasi kepada masjid yang telah bekerja sama melalui ponsel pintar,” ujarnya.

Pada ajang tersebut, Bank Indonesia juga menggelar Sharia Economic Forum, dengan tiga rangkaian seminar bertemakan keuangan syariah di era ekonomi dan keuangan digital, mewujudkan kawasan industri dan niaga halal di Provinsi Kepri, serta berbisnis di era ekonomi syariah.

Setelah dari tingkat provinsi, festival serupa juga akan digelar di tingkat wilayah Sumatera, yaitu di Palembang pada 3-5 Agustus 2019 dan puncaknya di Indonesia Syariah Economic Festival pada akhir tahun yang rencananya akan dilaksanakan di Jakarta.