Juragan Muda Aksesori Batu Akik dengan Puluhan Ribu Order Bulanan
Aseel Abri, juragan muda batu akik pemilik usaha Bacter Online Shop. (Foto: Lazada Indonesia)

Jakarta, MNEWS.co.id – Batu akik identik dengan koleksi kesukaan bagi mereka yang sudah mapan dan dewasa. Namun, Aseel Abri, seorang pemuda asal Bekasi berusia 21 tahun mematahkan anggapan itu dan berhasil menjadi juragan batu akik online dengan pertumbuhan bisnis 1.200% serta memberdayakan ibu-ibu komplek sekitar rumahnya untuk bisa mandiri.

Aseel Abri pertama kali mendengar tentang e-commerce di tahun 2015, saat pemuda Gen Z kelahiran tahun 1998 ini masih siswa SMA. Saat itu, orang tua Aseel sedang berupaya untuk bisa berjualan di e-commerce tanpa memiliki pemahaman apapun mengenai apa itu e-commerce ataupun cara berjualannya.

“Saat itu, saya bermaksud membantu Ibu berjualan saja, karena Ibu menganggap saya anak muda yang lebih paham segala sesuatu yang berhubungan dengan berjualan online,” kata Aseel dalam siaran media yang diterima oleh MNEWS.

Saat itu, Aseel dan ibunya secara rutin menghadiri semua kegiatan yang dilakukan oleh e-commerce, mulai dari kegiatan akbar, komunitas, seminar sampai mendatangi sellers-sellers yang dianggap sudah sukses demi mendapatkan masukan berharga dari mereka.

Sebagai anak muda, Aseel merasa tampil menarik itu penting namun mengalami kesulitan mencari aksesori yang pas untuk anak muda untuk tampil gaya. Karena itu, Aseel memutuskan untuk membuat sendiri aksesori anak muda yang keren dan cocok untuk dirinya dan teman-temannya dan memulai usaha Bacter Online Shop.

Aseel mendapatkan order pertama yang nilainya tidak lebih dari Rp15 ribu saat memulai dengan menjual aksesori fashion di kalangan teman-teman sekolahnya. Order diantarkan ke gerai kurir 24 jam yang lumayan jaraknya dari rumah di malam hari.

“Order datang di sore hari. Semangat tinggi saya timbul dan karena tidak ingin mengecewakan pembeli serta memastikan pelanggan pertama puas dengan pengalaman saya, malam itu juga saya antarkan order ke gerai kurir di tengah hujan,” kata Aseel lebih lanjut.

Dalam dua tahun pertama, Aseel masih membagi waktunya antara belajar di sekolah dan mempelajari ilmu e-commerce. Demi memberikan layanan dan produk terbaik, Aseel menyempatkan diri untuk mengunjungi Ternate untuk mempelajari batu khas Indonesia yang bisa dipasarkan secara online.

Semangat juang Aseel membawa hasil dan melalui berbagai upaya membina hubungan dengan masyarakat lokal, Aseel menemukan Desa Loloda di Maluku Utara yang memiliki batu sangat khas hanya dapat diperoleh di desa tersebut. Sejak saat itu, produk batu dari Desa Loloda menjadi produk utama Bacter Online Shop.

Berbagai produk aksesori batu akik dari Bacter Online Shop. (Foto: Lazada Indonesia)

Toko Bacter Online Shop menyediakan berbagai jenis batu akik dari segala penjuru Indonesia – dan Aseel menjadi mentor bagi para penambang batu di daerah-daerah termasuk membantu dan mengajarkan mereka cara berjualan dan memasarkan produk mereka secara online.

“Menurut saya, akan lebih banyak manfaatnya bila ilmu yang saya dapatkan bisa diterapkan juga oleh mereka, dan saya dengan senang hati berbagi ilmu karena saya berterima kasih kepada para senior-senior di e-commerce yang juga berbagi ilmu kepada saya di awal perjuangan saya dan ibu saya,” ujarnya.

Setelah lulus SMA pada tahun 2017 dan sejak saat itu Aseel bertekad untuk 100 persen terjun menjadi penjual di e-commerce. “Bisa dibilang e-commerce adalah cinta pertama saya,” ungkap Aseel.

“Soalnya selain saya mendapatkan ilmu, pertemanan, pengetahuan tentang tren, saya juga bisa membagikan kebahagiaan saya kepada orang lain,” lanjutnya.

Aseel mulai berjualan di Lazada, salah satu e-commerce di Indonesia, pada tahun 2019 dengan pemahaman yang masih terbatas tentang menata produk yang menarik, berpromosi, dan sebagainya.

Namun dengan semangat dan cinta akan e-commerce, Aseel secara rutin ikut dalam kegiatan-kegiatan yang dibuat oleh Lazada, mulai dari LazNongkrong, LazClass, LazStar Academy, Lazada University dan sellers conference Lazada Level Up bulan September kemarin.

“Saya ikuti semua hal yang bisa membantu saya jadi pengusaha sukses. Itu cita-cita saya,” jelas Aseel. “Saya tidak akan lupa jasa mentor-mentor saya, baik dari Lazada maupun para Top Sellers yang benar-benar membimbing saya dari 0 hingga sekarang saya menjadi salah satu Top Sellers Lazada,” ucapnya.

Tidak berhenti di cita-cita menjadi pengusaha sukses, Aseel juga berhasil memberdayakan lingkungannya untuk mendukung usahanya. Ibu-ibu komplek sekitar rumahnya diajak untuk ikut menjadi karyawan atau dibimbing menjadi penjual ecommerce juga. Mereka diajari untuk menganyam gelang, kalung, bros, dan aksesori fashion lainnya.

Saat ini, toko Batu Akik Bacter Online Shop sudah punya 10 karyawan full time dan belasan ibu-ibu yang membantu produksi kerajinan tangan. Bulan September tahun 2019 lalu, order yang diterima masih dalam hitungan jari dan di September tahun ini, dalam satu bulan, Toko Batu Akik Bacter Online Shop mengirimkan puluhan ribu order ke pembeli di seluruh Indonesia dengan pertumbuhan bisnis mencapai 1.200%.

Cita-cita Aseel adalah bisa selalu menjadi bisnis yang membawa kebahagiaan pada pelanggan setianya, mengembangkan sayap ke mancanegara, dan menyediakan produk berkualitas dengan harga yang bersaing sambil memperkenalkan produk unggulan Nusantara.

“Saat ini saya masih 21 tahun, saya yakin masih bisa terus berkembang dan dengan semangat belajar dan semangat Sumpah Pemuda, saya ingin bisa memperkenalkan sebanyak mungkin jenis batu akik dari seluruh Nusantara. Tahun depan, saya ingin bisa menutup Program Seratus Ribu; menjangkau 100.000 followers dan menembus penjualan 100.000 order! Bagi Saya, apabila ada kemauan, pasti ada jalan untuk menjadi lebih hebat dan lebih sukses!” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here