Pemenang Penghargaan Nastiti Bududaya Satwa Nugraha pada event Indo Livestock Award 2018 (doc/M-News.co.id)
Pemenang Penghargaan Nastiti Bududaya Satwa Nugraha pada event Indo Livestock Award 2018 (doc/M-News.co.id)

Jakarta, MNews.co.id – Indo Livestock Forum & Expo 2018 kembali memberikan apresiasi bagi insan peternakan yang berpengaruh. Kali ini, penghargaan Indonesian Livestock Award “Nastiti Budidaya Satwa Nugraha” yang diberikan setiap dua tahun sekali bersamaan dengan penyelenggaraan pameran peternakan terbesar di Indonesia ini diadakan PT Napindo Media Ashatama bekerja sama dengan Yayasan Pengembangan Peternakan Indonesia (YAPPI).

Kandidat dipilih berdasarkan sumbangsih yang diberikan untuk kemajuan industri peternakan tanah air. Para kandidat dianggap telah melakukan sesuatu yang bermanfaat melalui inovasi jasa maupun produk demi terciptanya akselerasi bidang peternakan.

Dalam penyelenggaraannya terdahulu, Indo Livestock Award diberikan kepada setiap komoditas ternak dalam 5 kategori, namun pada tahun 2018, Indo Livestock Award diprioritaskan kepada komoditas ternak unggas dengan mengangkat tema “Implementasi Biosekuriti Industri Perunggasan setelah Pelarangan Antibiotic Growth Promotor”.

Dr. drh. Desianto B. Utomo M.Phil selaku salah satu tim penilai dari penghargaan Nastiti Budidaya Satwa Nugraha 2018 menjelaskan bahwa pada tahun ini penghargaan bukan hanya diberikan kepada peternak, tetapi juga kepada para industri yang sudah berhasil menjadi eksportir produk unggas. “Kami ingin memberikan apresiasi kepada para pelaku peternakan di Indonesia untuk meningkatkan daya saing dan juga melakukan ekspor ke luar negeri,” ujar Desianto. 

Dalam penganugerahan Biosekuriti Award ada satu kategori khusus yaitu menyangkut budidaya unggas lokal yang didedikasikan sebagai wujud apresiasi kepada para peternak unggas lokal.

Berikut ini adalah pemenang Indonesian Livestock Award 2018:
Kategori Indonesian Poultry Biosecurity Award, Nastiti Budidaya Satwa Nugraha
1. Broiler Closed House (Pemenang: Peternakan Indra Jaya kemang, Bogor)
2. Budidaya Broiler Open Sided House (Pemenang: Peternakan Tunas Muda Sakti Serang – Banten)
3. Budidaya Layer Closed House (Pemenang: Peternakan Sawo Jaya Mojokerto, Jawa Timur)
4. Budidaya Layer Open Sided House (Pemenang: Peternakan Karang Suko Malang, Jawa Timur)

Kategori Khusus:
Budidaya Ayam Lokal: Peternakan Sumber Unggas Indonesia

Kategori Indonesian Livestock Exporter Award, Mancanegara Satwa Nugraha
1. Obat Hewan Golongan Biologik (Pemenang: PT Medion Bandung)
2. Obat Hewan Golongan Feed Additive dan Feed Supplement (Pemenang: PT Cheil Jedang Indonesia)
3. Produk Olahan Hasil Ternak (Pemenang: PT Charoen Pokphand Indonesia)
4. Komoditas Ternak (Pemenang: PT Indotirta Suaka)

Tim penilai Indonesian Livestock Award 2018 berasal dari beberapa organisasi terkait sektor peternakan, yaitu Himpunan Ilmuwan Peternakan Indonesia (HILPI), Masyarakat Ilmu Perunggasan Indonesia (MIPI), Asosiasi Kesehatan Masyarakat Veteriner Indonesia (Askesmaveti), Gabungan Organisasi Peternakan Ayam Nusantara (GOPAN), Forum Media Peternakan Indonesia (Format), serta didukung oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.