Apple secara resmi mengumumkan jajaran ponsel terbarunya yakni iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. (Foto: Kompas)

Jakarta, MNEWS.co.id – Apple secara resmi mengumumkan jajaran ponsel terbarunya dengan spesifikasi tertinggi, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Keduanya didukung dengan tiga kamera baru dan layar yang ditingkatkan dengan refresh rate ProMotion hingga 120Hz yang dapat mencapai tingkat kecerahan 1.000 nits.

“Layar Super Retina XDR pada kedua model mendukung refresh rate variabel antara 10Hz dan 120Hz, dan berukuran sama seperti tahun lalu, masing-masing 6,1 inci dan 6,7 inci,” ujar Apple dalam acara virtual yang ditayangkan melalui akun YouTube Apple Event, Rabu dini hari, (15/9/21).

Secara desain, dua model iPhone 13 ini memiliki notch sedikit lebih kecil, yang memungkinkan lebih banyak ruang di bilah status iOS. Ponsel ini akan tersedia dalam empat warna; grafit, emas, perak, dan biru muda baru.

Apple mengatakan ponsel ini memiliki sistem tiga kamera yang semuanya baru. Kamera wide akan menawarkan fotografi cahaya rendah yang lebih baik berkat sensornya yang lebih besar, sedang ultra-wide juga akan mengalami peningkatan berkat bukaan yang lebih lebar.

Kamera telefoto ponsel juga ditingkatkan hingga 3x zoom, memungkinkan 6x optical zoom di ketiga kameranya. Ketiga kamera sekarang memiliki mode malam, dan ada mode makro baru untuk memotret subjek hanya dengan 2cm. Stabilisasi gambar optik sensor-shift juga disertakan pada kedua model.

Di sisi perangkat lunak, Apple mengumumkan fitur Photographic Styles baru, yang sepertinya berfungsi sebagai filter kamera tradisional dengan tambahan komputasi fotografi. Di sisi video, fitur fokus sinematik yang diumumkan untuk iPhone 13 juga akan tersedia di 13 Pro dan Pro Max.

Model iPhone 13 Pro juga akan dapat merekam hingga 4K/ 30fps di ProRes, format video berkualitas lebih tinggi yang memberi editor video lebih banyak kontrol saat mengubah rekaman.

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max didukung dengan chip baru A15 Bionic, yang menawarkan peningkatan kecepatan CPU dan GPU daripada sebelumnya. Menurut Apple, chip akan lebih cepat untuk tugas pembelajaran mesin pada kedua ponsel itu.

Daya tahan baterai juga telah ditingkatkan, dengan model iPhone 13 Pro bertahan 1,5 jam lebih lama dari iPhone 12 Pro, dan iPhone 13 Pro Max bertahan 2,5 jam lebih lama dari iPhone 12 Pro Max saat diisi daya. Opsi penyimpanan untuk iPhone 13 Pro berkisar dari 128 GB hingga 1 TB, penyimpanan terbesar yang pernah ditawarkan Apple di ponsel.

Soal harga, untuk model iPhone 13 Pro, Apple membanderol mulai dari US$ 999 (Rp14,2 juta), dan untuk model iPhone 13 Pro Max mulai dari US$ 1.099 (Rp15,6 juta). Pre-order akan dimulai pada Jumat, 17 September 2021.