Ilustrasi Penggunaan Aplikasi. Foto: google.com
Ilustrasi Penggunaan Aplikasi. Foto: google.com

Jakarta, M-NEWS.co.id – Aplikasi sudah bukan sesuatu yang asing lagi dalam keseharian kita. Mulai dari sarana transportasi berbasis teknologi hingga kuliner, tersedia secara gratis di platform Google Play maupun App Store. Aplikasi UMKM berupa marketplace hingga customized app sudah banyak bertebaran di jagat maya.

Di antara beberapa aplikasi yang beredar, ada jenis-jenis aplikasi yang sangat bermanfaat untuk mengelola bisnis UMKM yang tengah digeluti para sahabat UMKM. Mulai dari aplikasi untuk memasarkan produk, tata kelola barang dan jasa, hingga aplikasi pengatur keuangan yang tentunya sangat berguna untuk membuat laporan pembukuan.

Nah, buat pelaku UMKM bisa memanfaatkan aplikasi gratis berikut ini yang dapat diunduh di smartphone maupun gadget lainnya. Ini dia 5 aplikasi gratis dan ramah untuk UMKM:

  1. Osman Prime
Osman Prime
Tampilan Aplikasi Osman Prime. Foto: osman.id

Didirikan dengan misi untuk mendengar, bergerak, dan melestarikan, 12 orang pemuda dari Yogyakarta ini menjadi tim di balik lahirnya aplikasi Osman. Selain mudah digunakan dengan tampilan katalog yang familiar, aplikasi Osman memiliki beberapa fitur unggulan di antaranya pengaturan kuantitas stok dan skema pengendalian stok untuk tatakelola barang dan jasa, 2 Mode Kasir: Hitung Cepat & Seleksi Manual,  2 Mode Nota: Bayar Langsung/Bayar Nanti, mendukung print nota dan efektivitas promosi. Selain bisa digunakan untuk berbelanja dan menata produk, pemantauan keluar masuknya uang pun diatur dengan mudah. Dilengkapi dengan integrasi laporan pendapatan, pengeluaran, dan nota dalam satu aplikasi.

  1. Beecloud Dashboard
Beecloud Dash
Tampilan Beecloud Dashboard. Foto: beecloud.id

Aplikasi Beecloud memberikan beberapa fitur menarik untuk kemudahan pengguna memantau perkembangan bisnisnya. Aplikasi ini akan menganalisa bisnis dan menghasilkannya dalam bentuk laporan keuangan standar internasional. Laba/rugi, neraca, cashflow tersaji lengkap dalam satu kali klik. Menjamin data aman dari manipulasi dan kebocoran, Beecloud juga sangat fleksibel digunakan.

  1. ZAPA
ZAPA
Tampilan Aplikasi Zapa. Foto: play.google.com

Telkom Indonesia menghadirkan aplikasi ZAPA untuk memudahkan pelaku UMKM dalam memajukan usahanya. Didirikan sejak 2014, ZAPA menyediakan beberapa fitur yang memudahkan pengguna berinteraksi dengan Telkom dan sesama pelaku UMKM. Aplikasi ini dapat memonitor billing, mengetahui event-event UMKM dan berbagai manfaat lainnya.

  1. Jarvis Store Admin
Jarvis Store Admin
Tampilan Aplikasi Javis Store Admin. Foto: play.google.com

Fitur-fitur yang tersedia di aplikasi Jarvis Store ini di antaranya manajemen produk, laporan order, statistik pengunjung serta manajemen order. Pengguna juga bisa membuat konten blog langsung dari toko online dalam aplikasi.

  1. Bantu Rakyat
Bantu Rakyat
Tampilan Aplikasi Bantu Rakyat. Foto: play.google.com

Aplikasi unik ini menjadi sebuah inovasi yang lain daripada yang lain. Dengan tampilan yang responsif dan mudah digunakan, pengguna bisa mengunggah usaha mikro sekaligus mencari jenis usaha yang diinginkan, seperti jasa tambal ban, binatu, transportasi abang becak, warung makan, jasa pendidikan les privat hingga jasa para tukang seperti tukang jahit, tukang cukur, dan usaha-usaha mikro yang merakyat lainnya. Menyasar pada usaha rakyat di sektor informal, aplikasi ini mengajak pengguna untuk lebih peduli pada pemilik usaha yang tidak memiliki gadget namun penting dalam kehidupan sehari-hari.

Sesuai mottonya, “Dengan memasukkan USAHA RAKYAT disekitar Anda, Anda telah jadi PAHLAWAN bagi 2 pihak”: Rakyat yang mencari nafkah dari usaha mikro, dan para Warga yang butuh jasa dari usaha mikro. Kita – Para pemegang gadget – adalah Relawan Bantu Rakyat.

Masih banyak aplikasi lain yang bermanfaat dan mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya. Sekarang para pelaku UMKM tidak perlu khawatir, karena begitu pesatnya perkembangan inovasi teknologi memungkinkan pemilik usaha memantau serta mengatur segala aspeknya dalam genggaman tangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here