Kerja Lebih Efektif Walau #dirumahaja dengan Aplikasi Ini

Regina Mone | 23 Maret 2020, 15:40 WIB

Jakarta, MNEWS - Berdasarkan data dari Worldmeter, per Senin (23/3/2020), tercatat sudah ada 514 kasus Covid-19 di Indonesia, 48 di antaranya meninggal dunia dan 29 orang dinyatakan sembuh.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan masyarakat Indonesia untuk melakukan tes massal virus Corona. Sebelum adanya instruksi untuk melakukan tes massal, Jokowi pun juga meminta agar masyarakat Indonesia belajar, bekerja, dan beribadah di rumah guna meminimalisir risiko terdampak virus corona.

Namun, hal tersebut mengundang pro dan kontra dari masyarakat, terutama untuk urusan kerja dari rumah atau work from home. Seperti diketahui, tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dari rumah, misalnya merawat pasien di rumah sakit, mengatur lalu lintas di jalan raya, melayani pelanggan di outlet bisnis, dan sebagainya.

Untuk itu, bagi Anda yang saat ini mendapatkan privilege untuk kerja online dari rumah, yuk manfaatkan hal ini secara bertanggung jawab.

Nah, supaya tetap produktif saat kerja dari rumah, berikut ini adalah 7 aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan efektifitas kerja. Sudahkah Anda menggunakannya?

  1. Slack
    Bagi perusahaan yang memiliki banyak karyawan, biasanya akan mengelompokkannya ke dalam berbagai departemen, yang mana akan dikelompokkan lagi menjadi tim-tim kecil yang sudah dibagi sesuai dengan ranah pekerjaannya masing-masing. 

    Slack sendiri adalah salah satu aplikasi untuk menunjang produktivitas saat kerja online dari rumah. Dengan Slack, Anda bisa membuat kanal komunikasi masing-masing tim agar komunikasi menjadi lebih mudah dan efisien.


  2. Microsoft Teams
    Akrab dengan segala software Microsoft, termasuk Office dan Power Point? Yuk, berkenalan dengan Microsoft Teams. Ini adalah layanan yang akan membantu tim Anda berkolaborasi dengan cara mengintegrasikan pengguna, karyawan, serta tools yang dibutuhkan dalam satu aplikasi.

    Dengan Microsoft Teams, Anda bisa melakukan beberapa hal saat kerja online dari rumah, yakni melakukan konferensi video, menjalani panggilan suara, hingga memanfaatkan dokumen Word, Excel, Power Point, juga produk Microsoft lainnya.

  3. WhatsApp
    Nyatanya, aplikasi messenger yang satu ini juga bisa dimanfaatkan oleh siapa pun yang kerja online dari rumah. Biasanya, WhatsApp sering digunakan untuk berkomunikasi dengan teman, rekan kerja, atau keluarga.

    Namun, ketika dikaitkan dengan bisnis, WhatsApp juga bisa menjadi aplikasi alternatif untuk meningkatkan produktivitas Anda.

    Berbagai fitur yang bisa Anda gunakan ialah panggilan suara atau video (termasuk video call group) hingga pengiriman dokumen.

  4. Zoom
    Mungkin, aplikasi Skype sudah lebih dikenal lebih dulu ketika seseorang hendak melakukan video call. Akan tetapi, ada aplikasi lain yang bisa Anda manfaatkan supaya kerja online dari rumah lebih mudah, yakni Zoom.

    Aplikasi yang digawangi oleh Eric Yuan ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan video conferencingonline meetingchat, juga mobile collaboration.

  5. Google Drive
    Pernah mendengar atau menggunakan Dropbox dan WeTransfer? Ya, cara kerja Google Drive tidak jauh berbeda. Layanan penyimpanan berbasis cloud milik Google ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan berbagai file dengan aman. Entah itu dokumen, slides, worksheet, video, audio, foto, dan sebagainya.

    Di Google Drive, file atau dokumen yang disimpan tidak akan hilang. Anda pun juga bisa membagikan dokumen tersebut kepada orang lain.

  6. Asana
    Asana adalah salah satu project management tools yang akan sangat berguna ketika karyawan sedang kerja online dari rumah. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah adanya pembagian informasi terkait perubahan dan pembaruan secara real time. Asana juga memungkinkan semua penggunanya untuk berdiskusi dalam satu dashboard yang sama.

    Aplikasi ini pun memungkinkan para penggunanya untuk berkolaborasi satu sama lain, serta memudahkan kolaborasi proyek atau kampanye baru.

  7. Google Hangouts Meet
    Mau meeting sambil kerja dari rumah dengan lebih nyaman? Pakai Google Hangouts Meet saja! Ini adalah aplikasi dengan fitur panggilan video atau virtual meeting yang dapat diikuti hingga 250 orang.

    Google Hangouts Meet pun memungkinkan pengguna untuk melakukan live streaming, yang mana bisa diikuti lebih dari 100.000 penonton.

 

Nah, itulah dia beberapa aplikasi penunjang aktivitas kerja dari rumah yang akan bikin semua pekerjaan jadi terasa lebih efektif dan efisien. Dari beberapa aplikasi di atas, mana yang sudah pernah Anda coba?

Semoga semua aktivitas Anda berjalan dengan baik hari ini dan jangan lupa tingkatkan produktivitas meski sedang kerja jarak jauh, ya!

Tentang Penulis
Regina Mone
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar