Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Wishnutama. (Foto: Instagram/Wishnutama)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Wishnutama. (Foto: Instagram/Wishnutama)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pemerintah tengah mencoba bekerja sama dengan asosiasi pengusaha hotel agar menyiapkan kamar untuk tempat tinggal sementara para tenaga medis yang menangani virus Corona.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio mengatakan, pihaknya telah menyiapkan anggaran untuk kamar tenaga medis, baik dokter maupun perawat dari hasil realokasi anggaran sesuai instruksi presiden.

“Kami akan bekerja sama dengan perhotelan agar hotelnya menjadi sarana tempat tinggal tenaga medis, bahkan bisa jadi tempat isolasi mandiri guna memudahkan penanganan virus,” katanya.

Wishnutama mengatakan pemerintah ingin membantu para tenaga medis agar lebih dekat dengan rumah sakit tempatnya berpraktik, sekaligus mengisolasi mandiri dari keluarga untuk sementara waktu.

Rencana itu pun telah dibicarakan dengan Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (Covid-19) yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo.

Wishnutama berencana membangun fasilitas transportasi untuk tenaga medis. Dia mengaku tengah berkoordinasi dengan sejumlah asosiasi dan perwakilan penyedian transportasi untuk memprioritaskan para tenaga medis.

“Tantangan setiap negara dalam menghadapi Covid-19 berbeda-beda. Pemerintah pasti mencari solusi terbaik untuk masyarakat. Ini kondisi yang tidak mudah untuk negara mana pun,” tambahnya.

Wishnutama belum menyebut total nilai realokasi anggaran Kemenparekraf. Namun pada 2020, Kemenparekraf memiliki pagu anggaran senilai Rp5,3 triliun yang merupakan gabungan dari pagu Kemenpar dan Badan Ekonomi Kreatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here