Kreator Lokal Unjuk Karya Inovatif di Makerfest 2018

Dewi Fadhilah Soemanagara | 07 Juli 2018, 15:05 WIB

Banten, MNEWS.co.id – Sebanyak 30 kreator lokal berkumpul di acara Makerfest 2018. Kreator lokal yang tergolong UMKM ini tidak hanya menyuguhkan kreativitasnya dalam bentuk produk yang unik, tetapi juga saling bertukar ide dengan pengunjung. Acara yang diselenggarakan oleh marketplace Tokopedia ini digelar di Taman Bintaro XChange, Tangerang Selatan, pada Sabtu dan Minggu, (6-7/7/18).

Makerfest yang merupakan sebuah wadah yang mempertemukan pelaku UMKM untuk menginspirasi dan mengedukasi kreator lokal Indonesia ini ramai dengan beragam inovasi produk, mulai dari aksesoris, fashion, mainan anak-anak, hingga peralatan rumah tangga turut andil di event ini.

Melissa Siska Juminto, Vice Chairman Makerfest 2018, mengatakan bahwa Makerfest menjadi salah satu upaya agar UMKM bisa ‘naik kelas’. UMKM sebagai salah satu penggerak perekonomian masyarakat Indonesia memiliki peran yang strategis.

“Makerfest berperan sebagai panggung online dan panggung offline bagi kreator Indonesia untuk merealisasikan dan mengembangkan ide usaha kreatif mereka. Semoga melalui program ini, kami dapat menemukan serta mengasah bakat dan kemampuan lebih banyak lagi kreator lokal Indonesia,” kata Melissa di Bintaro XChange, Sabtu, (7/7/18).

Beberapa booth yang ada di Makerfest 2018. Foto: (doc/MNEWS)

 

Selain berbagai kerajinan tangan yang unik dan kreatif, ada pula kreator lokal yang berkreasi dengan kardus, tanah liat, bahkan produk yang dihasilkan dari talas. Pengunjung juga dapat menikmati arena dengan berbagai permainan, karaoke, bahkan menyaksikan beberapa musisi yang akan tampil di panggung utama pada malam hari, seperti Sheila on 7, Kahitna, Fourtwnty dan Elephant Kind.

Makerfest telah digelar di beberapa kota besar seperti Medan, Padang, dan Jakarta. Berikutnya Makerfest akan merambah ke 5 kota, yaitu Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Makassar. Di setiap kota, Makerfest memberikan edukasi dan pendampingan usaha yang mencakup strategi bisnis dan pemasaran kepada kreator lokal sehingga memiliki daya saing yang lebih kuat.

Acara ini juga didukung oleh beberapa institusi pemerintahan seperti Bekraf, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, serta Kemkominfo. Sesuai dengan misi Tokopedia untuk menciptakan ekosistem yang sehat untuk bisnis UMKM dan para stakeholder lainnya, diharapkan Makerfest bisa menginisiasi ide-ide menarik dari setiap kreator lokal untuk dapat mengembangkan usahanya.

Tentang Penulis
Dewi Fadhilah Soemanagara
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar