Triplogic, Peluang Keuntungan Traveler dan Pelaku UMKM

Dewi Fadhilah Soemanagara | 15 November 2018, 13:40 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id – Suka jalan-jalan dan ingin mendapat uang tambahan? Atau punya usaha sendiri tapi bingung dengan jasa ekspedisi yang aman, cepat, terpercaya, dengan harga terjangkau? Sekarang, traveler dan pelaku usaha khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dapat berkolaborasi dan menjalin simbiosis mutualisme alias saling menguntungkan satu sama lain.

Berawal dari ide yang tercetus saat sedang bepergian, Oki Earlivan Sampurna berpikir bagaimana memanfaatkan bagasi penumpang pesawat yang tidak terpakai. Menurut pengamatannya, banyak penumpang yang jalan-jalan dengan hanya memanfaatkan kapasitas kabin saja, tidak menggunakan bagasi 20 kg jatah dari maskapai penerbangan. Padahal, pasti akan ada banyak pihak yang juga dapat memanfaatkan bagasi tak terpakai tersebut.

Akhirnya, Oki pun menggagas Triplogic sebagai solusi sekaligus peluang dalam mengatasi kapasitas bagasi yang tidak digunakan oleh penumpang pesawat. Diresmikan sejak Mei 2017 lalu, Triplogic kini telah menjangkau 57 kota di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan jaringan traveler dan feeder.

Triplogic, sebuah aplikasi e-commerce yang memanfaatkan bagasi traveler untuk mengirimkan barang ke berbagai kota, memungkinkan pelaku UMKM yang ingin memasarkan produknya secara meluas dalam waktu relatif cepat. Peluang bagasi kosong dari para pelancong ini ternyata menyimpan potensi besar untuk dititipkan barang yang hendak dikirimkan ke tempat-tempat lain di Indonesia.

“Misalnya Bapak/Ibu ke Jogja naik pesawat, nggak pernah bawa bagasi. Nah, bagasi yang tidak terpakai itu bisa Triplogic beli, satu kilogramnya bisa Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu. Jadi kalau ke Surabaya, Jogjakarta, atau Bali, tanpa menggunakan bagasi, dijual saja 20 kilogram bagasinya. Bapak/Ibu bisa dapat Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu per satu bagasi. Bagasi itu kita pakai untuk mengirimkan barang sehingga bisa sampai pada hari yang sama,” papar Oki dalam sesi pelatihan UMKM bersama Komunitas Sahabat UMKM di Cimahi, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Sebagai aplikasi pertama di Indonesia yang bisa mengirimkan barang ke berbagai kota dan sampai pada hari yang sama, Triplogic mematok harga yang relatif terjangkau. Bagi pelaku UMKM khususnya bidang kuliner, akan sangat diuntungkan dengan fitur-fitur dari Triplogic. Selain harga yang terjangkau, pengirim barang juga bisa dengan mudah memantau perpindahan barangnya melalui smartphone, dan dipastikan sampai di tujuan pada hari yang sama.

Dengan Triplogic, Traveler dan Pelaku UMKM bisa sama-sama untung! Foto: (doc/Triplogic)

Untuk pengiriman dalam satu kota atau antar kabupaten, Triplogic mematok harga flat per trip. Satu trip hanya Rp10 ribu saja, dan tidak dihitung berdasarkan jarak kilometernya. Untung pengiriman ke luar kota di hari yang sama cukup dengan Rp15 ribu. Sedangkan pengiriman ke luar kota antar pulau, misalnya dari Bandung ke Medan sampai di hari yang sama, dihitung per kilogram mulai dari Rp18 ribu. Tarif ini bisa lebih murah lagi jika pengirim barang menghendaki barangnya sampai dalam waktu 2 hari.

Hebatnya lagi, pengirim barang tidak perlu repot-repot mengantarkan barangnya ke outlet Triplogic. Cukup order lewat aplikasi, tuliskan alamat lengkap, dan feeder Triplogic dengan sigap akan menjemput barang yang hendak dikirimkan langsung ke rumah! Mudah dan dapat menjadi solusi bagi para pelaku UMKM yang sibuk dan terkendala waktu dalam menangani pengiriman produk ke pelanggan.

Selain menguntungkan traveler dan pelaku UMKM lewat jasa pengiriman, Triplogic juga menyediakan fitur Trip-Store bagi para pelaku UMKM yang ingin berjualan lewat Triplogic, dan BNI Digital Loan berupa pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan proses cepat tanpa agunan hingga Rp 25 juta, bisa dicicil hingga 60 bulan dengan bunga 7% efektif per tahun.

Dengan keunggulan fitur-fitur yang UMKM friendly, respon yang cepat, dan tampilan menarik, Triplogic menawarkan jasa pengiriman yang lebih cepat, lebih terjangkau, dan lebih terkendali karena bisa dipantau setiap saat melalui aplikasi. Customer service Triplogic pun standby melayani pelanggan hingga 24 jam setiap harinya.

Dengan memahami dan mengikuti perkembangan teknologi, para pelaku UMKM dan online seller bisa meningkatkan penjualan sekaligus memaksimalkan distribusi produknya dengan memanfaatkan jasa ekspedisi seperti Triplogic.

Tentang Penulis
Dewi Fadhilah Soemanagara
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar