Ilustrasi pelaku bisnis. (Foto: Freepik/tirachardz)

Jakarta, MNEWS.co.id – Hari Natal dan Tahun baru merupakan salah satu momen penting yang tak bisa dilewatkan oleh banyak orang, khususnya bagi pemilik bisnis.

Bagi Anda yang memiliki sebuah bisnis tentunya melihat momen Natal dan Tahun Baru sebagai peluang untuk meningkatkan omzet penjualan. Tentu ini menjadi peluang yang baik untuk dilakukan, namun jangan sampai Anda hanya fokus pada peningkatan penjualan saja hingga mengesampingkan keuntungan. Nyatanya, tidak sedikit pelaku bisnis yang melakukan promosi besar tetapi hanya meraih sedikit keuntungan.

Dikutip dari Koinworks, berikut cara-cara memanfaatkan momen Natal dan Tahun Baru untuk bisnis Anda.

Pastikan stok barang dagangan Anda sudah siap

Adanya budaya memberikan hadiah di Hari Natal membuat para konsumen bersiap memburu banyak produk untuk dijadikan sebagai hadiah. Jadi, sebelum mengadakan promo di berbagai platform, Anda harus tahu pasti berapa banyak stok produk yang tersedia baik di gudang atau toko.

Buatlah estimasi dan prediksi permintaan pelanggan di Hari Natal dan akhir tahun. Karena dua momen spesial ini biasanya juga dibarengi dengan libur akhir semester. Sehingga Anda perlu mengecek kembali laporan penjualan di tahun sebelumnya agar stok yang disiapkan benar-benar tepat.

Adakan Year End Sale

Di akhir tahun ini saatnya adakan year end sale! Eits, tapi Anda juga harus mempertimbangkan banyak hal ya. Jangan sampai Anda membuat obral besar-besaran dan hanya mementingkan volume produk yang dijual tanpa memikirkan kelangsungan bisnis ke depannya. Beberapa cara untuk year end sale yang bisa Anda coba adalah bundling, cuci gudang, dan pemberian hadiah.

Keluarkan produk spesial dengan promo menarik

Mengeluarkan produk khusus di Hari Natal menjadi kesempatan yang tepat serta menjadikan produk Anda menjadi lebih fresh.

Jika mengeluarkan produk khusus terasa sulit, Anda bisa menawarkan paket khusus pada pelanggan. Paket khusus tersebut bisa berupa set bundel berisi produk-produk yang relevan. Lalu, Anda bisa memberi promo pada paket spesial atau produk spesialmu dengan buy 1 get 1 atau promo menarik lainnya.

Adakan Flash Sale

Siapa sih yang tidak menantikan flash sale? Berbagai perusahaan besar sering kali mengadakan flash sale di event-event tertentu. Cara ini bisa Anda lakukan dengan mengadakan diskon besar-besaran dalam satu hari saat malam Natal atau tahun baru. Jangan lupa arahkan diskon besar-besaran tersebut pada produk yang sudah cukup lama ada di gudang atau toko Anda (first in, first out).

Ciptakan kampanye social media yang menarik

Promosi dan woro-woro menjadi cara yang tepat untuk membantu promo produk tersampaikan. Buatlah campaign social media yang menarik dan jangan lupa promosikan produk Anda ke semua platform yang dimiliki. Pertimbangkan juga untuk menggandeng influencer untuk meng-endorse produk Anda. Jangan lupa juga untuk membuat tagar brand spesial bertema Natal atau tahun baru.