Pelaku usaha kuliner. (Foto: Good News From Indonesia)

Jakarta, MNEWS.co.id – Bisnis frozen food setidaknya hingga beberapa tahun ke depan diprediksi akan terus menjanjikan. Paxel sendiri mencatat pertumbuhan pengiriman makanan hingga Oktober 2021 lebih dari 2x lipat dibandingkan tahun lalu. Dan pengiriman frozen food, per kuartal meningkat lebih dari 10%.

Jaringan cold-chain yang begitu kuat dari hulu ke hilir tersebut membuat Paxel menjadi perusahaan yang bisa memberikan jaminan makanan beku dengan kualitas terbaik. Bahkan, perusahaan yang menyediakan pelacakan pengiriman via aplikasi ini juga memberikan Jaminan Makanan Aman (JMA) dalam bentuk penggantian makanan yang sama atau bernilai sama dengan cepat.

“Sebagai pelopor last mile cold-chain delivery dalam kota dan antarkota, kami telah melayani paket lebih dari 1 juta UMKM di Indonesia serta memperkuat partner seperti GoSend dengan servis GoSend Intercity. Bertekad memajukan perekonomian UMKM Indonesia, Paxel dan GoSend Intercity telah mengirimkan ratusan ribu paket yang mayoritas makanan ke Jadetabek, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Sidoarjo,” Rezka Ilhamsyah, EVP Growth & Marketing Paxel

Berikut ide kreasi menu yang bisa dicoba UMKM untuk tingkatkan omzet di akhir tahun:

1. Modifikasi Modern 
Modifikasikan tren sandwich yang sedang menjamur versi Indonesia. Coba gunakan empal suwir sebagai isinya atau olahan dendeng balado untuk citarasa yang lebih berani. Jadikan ini sebagai hampers DIY berisi roti, daging frozen, beserta sausnya

2. Asli Indonesia 
Olah jamu menjadi eskrim atau es segar dan kemas di dalam kotak yang aman untuk di perjalanan. Paketkan es krim jamu dengan minuman jamu, dan buat tema kemasan khas Indonesia

3. Inspirasi Korea 
Jajanan ala Korea seperti Hotteok (pancake isi), Gyeranppang (roti telur), hingga corn dog tidak memerlukan penanganan ekstra untuk pengiriman luar kota. Pastikan menu ini dikemas frozen dalam tampilan khas K-pop yang memikat.

“Dengan distribusi seperti yang dilakukan Paxel dan GoSend Intercity, UMKM bisa memperluas pasar dengan lebih nyaman tanpa harus memikirkan extra cost dan operasional. Manfaatkan peluang akhir tahun ini untuk tingkatkan omzet dan perluas jaringan customer di kota-kota baru,” pungkasnya.