Ilustrasi Logistik. (Foto: Supply Chain Indonesia)

MNEWS.co.id – Bandung merupakan kota yang dikenal dengan kreativitas dan inovasi di bidang bisnis dan telah menjadi panggung tersendiri bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal.

Selaras dengan semakin pesatnya pertumbuhan industri e-commerce dan perkembangan bisnis online, strategi logistik menjadi salah satu faktor kunci bagi pelaku UMKM Bandung dalam memperluas distribusi produknya.

Kemampuan untuk mengantarkan produk dengan cepat, efisien, dan akurat menjadi keharusan agar dapat memenangkan kepercayaan pelanggan serta bersaing di pasar yang semakin dinamis.

Dua brand asal Bandung, EIGER Adventure dan Geoff Max membagikan pengalaman dalam menjalankan operasional logistik untuk toko online mereka.

Oscar Siregar, Digital Business Manager EIGER Adventure mengungkapkan, sejalan dengan pertumbuhan bisnis EIGER Adventure, terutama pada bisnis online, pihaknya juga menghadapi sejumlah tantangan, salah satunya dalam pengelolaan logistik.

Tantangan tersebut antara lain seperti pengaturan arus barang di gudang penyimpanan hingga pengiriman sampai ke tangan pelanggan di mana semuanya membutuhkan manajemen logistik yang tepat.

“Tujuannya adalah agar pemenuhan pesanan kepada pelanggan dapat terpenuhi secara tepat waktu dan seluruh biaya logistik bisa lebih efisien,” ujar Oscar.

Senada dengan Oscar, Chief Financial Officer Geoff Max, Muhamad Sidiq mengatakan bahwa pengelolaan logistik juga menjadi tantangan dalam menjalankan operasional toko online mereka.

“Bagi pebisnis lokal seperti kami, pengelolaan logistik jelas menjadi tantangan tersendiri. Kami tidak hanya harus memastikan semua pesanan bisa terpenuhi dan terkirim dengan aman, tapi juga harus memikirkan bagaimana penanganan barang dengan keterbatasan ruang penyimpanan yang kami miliki,” ungkapnya.

Lalu, langkah apa saja yang dilakukan oleh EIGER Adventure dan Geoff Max untuk mengatasi tantangan pengelolaan logistik toko online mereka? Yuk, simak kata mereka!

1. Pilih penyedia layanan logistik menyeluruh yang berpengalaman dan terpercaya
Logistik berkaitan erat dengan sistem pengaturan dan pengiriman barang. Oscar menyarakankan untuk menggunakan penyedia logistik yang tidak hanya sudah berpengalaman, namun juga memiliki sistem manajemen logistik yang andal dan menyeluruh, mulai dari penyimpanan barang hingga pengiriman ke pelanggan.

“Dengan demikian, kita terbebas dari kerepotan dalam proses pemenuhan pesanan dan bisa lebih fokus pada menentukan strategi bisnis,” ungkap Oscar.

2. Pertimbangkan penyedia layanan logistik yang memiliki jangkauan luas
Agar pengiriman logistik tidak mengalami keterlambatan dan pelanggan menerima barang dengan tepat waktu, Oscar mengatakan bahwa penting sekali untuk memilih penyedia logistik yang memiliki jaringan ke beberapa daerah.

“Pembeli tak hanya di kota besar saja, tapi juga dari kota kecil. Menggunakan jasa logistik yang terintegrasi dengan sistem pengaturan transportasi yang terhubung dari satu titik ke titik lainnya menjadi sangat penting. Ini juga akan berdampak pada biaya pengiriman yang akan jadi lebih efisien,” ujarnya.

3. Pastikan untuk memilih penyedia layanan logistik yang sudah mengadopsi teknologi
Sebagai negara kepulauan dengan infrastruktur logistik yang belum merata, Oscar juga mengatakan bahwa penggunaan teknologi yang terintegrasi dalam manajemen logistik menjadi penting.

“Karena itu menjadi penting untuk memastikan pemilihan perusahaan logistik yang memiliki teknologi logistik terdepan. Automasi logistik akan menghemat waktu dan biaya, serta meningkatkan efisiensi. Terutama membantu kita dalam manajemen stok barang, memantau pesanan yang masuk, serta penjadwalan dan pelacakan pengiriman,” jelas Oscar.

4. Handle with Care
Selain faktor kecepatan pengiriman, pastikan untuk selalu memilih perusahaan logistik yang memerhatikan keamanan barang.

“Selain barang yang dikirim ke pelanggan bisa diterima dengan cepat, kami juga ingin memastikan barang yang diterima dalam keadaan baik. Sehingga kami sangat memerhatikan sekali bagaimana tim dari penyedia layanan logistik mengemas dan menangani barang kami saat dikirim, karena kami ingin memastikan barang diterima pelanggan dalam keadaan baik,” ujar Sidiq.

5. Fasilitas penyimpanan barang yang ditawarkan modern dan lengkap
Banyak pelaku usaha kecil dan brand lokal yang belum terpikir untuk menyiapkan gudang sendiri untuk penyimpanan barang. Padahal seiring dengan pertumbuhan usaha, biasanya mereka akan membutuhkan stok barang lebih banyak dan penyimpanan barang yang baik menjadi salah satu faktor penting dalam operasional sebuah toko online.

“Jadi pastikan untuk memilih penyedia layanan logistik yang memiliki fasilitas penyimpanan yang mumpuni. Adanya fasilitas gudang yang didukung teknologi, termasuk sistem pemeliharaan kualitas barang akan membantu barang tersimpan dengan baik dan kualitas tetap terjaga,” ujar Sidiq.

Tak perlu membangun gudang, menurut Sidiq, karena perusahaan logistik yang andal biasanya sudah menawarkan fasilitas ini, sehingga modal usaha bisa digunakan untuk investasi di area lainnya.

Dalam bisnis UMKM, strategi logistik yang efisien dapat menjadi pembeda antara sukses dan gagalnya sebuah toko. Dengan fokus pada pengiriman yang cepat, aman, dan andal, UMKM dapat memenangkan hati konsumen serta memperluas pasar online mereka secara signifikan.