Tips Jual Produk via Livestreaming
Ilustrasi. (Foto: 123rf)

MNEWS.co.id – Tren belanja online di Indonesia terus berkembang beberapa tahun belakangan ini. Apalagi saat Ramadan, tingginya daya beli masyarakat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Untuk memaksimalkan potensi tersebut, pelaku UMKM perlu memahami seperti apa tren e-commerce yang saat ini sedang berkembang. Salah satu tren e-commerce yang tengah berkembang untuk mendongkrak penjualan adalah live selling.

Berdasarkan hasil survei Suara UKM Negeri Vol 2 yang dilakukan terhadap lebih dari 300 penjual e-commerce yang menggunakan layanan Ninja Xpress di Indonesia menunjukkan jika satu dari tiga pelaku UMKM telah melakukan live selling.

Survei yang berlangsung pada November 2022 tersebut memaparkan, ada tiga alasan utama yang membuat pelaku UMKM melakukan live selling, yang pertama adalah mampu menghadirkan pelanggan baru.

Alasan yang kedua adalah, live selling menjadi cara yang baik untuk mempererat hubungan dengan pelanggan. Dan alasan yang ketiga adalah dapat membuat brand lebih dikenal dan trending, termasuk meningkatkan minat beli.

Dalam Survei Tren Perilaku Belanja Online Sambut Ramadan 2023 yang dirilis Snapcart, menyebutkan bahwa 98% responden tertarik berbelanja online selama Ramadan, hal tersebut dipengaruhi oleh empat faktor, yaitu gratis ongkir (71%), menyediakan metode pembayaran COD (37%), program Ramadan yang menarik (36%), dan keseruan livestream/live selling dengan penjual (16%).

Live selling tentu bisa menjadi strategi penjualan yang menjanjikan. Sebut saja pada program live selling di TikTok. Dalam program TikTok Shopping Hoki Sale pada Januari 2022, TikTok mencatatkan peningkatan nilai transaksi (GMV) hingga 411% dan peningkatan pesanan di TikTok Shop hingga 564,1%.

Di samping memiliki peluang yang menjanjikan, live selling tentu memiliki tantangan tersendiri.

Survei Suara UKM Negeri Vol 2 menjelaskan, tantangan dalam melakukan live selling yang dihadapi oleh pelaku UMKM, di antaranya mengelola keinginan pembeli saat live selling, memilih platform live selling yang tepat untuk digunakan, serta persiapan dan saat melakukan live selling itu sendiri.

Tantangan-tantangan tersebut dapat diatasi dengan mengetahui trik jitu live selling untuk para pelaku UMKM.

Baca juga Tips Jitu Jualan Produk via Livestreaming/Live Selling.