Ilustrasi. (Foto: UNCTAD)

MNEWS.co.id – Punya beberapa wishlist barang yang ingin dibeli tapi masih ragu karena pertimbangan budget? Mungkin kamu bisa membeli barang tersebut secara online di saat e-commerce tengah mengadakan promo besar-besaran, misalnya pada Harbolnas atau saat promo tanggal kembar seperti tanggal 9.9 (9 September), 10.10 (10 Oktober), dan 11.11 (11 November). 

Di bulan ini, maka tentunya event terdekat yang paling bisa segera kita ikuti adalah event belanja 11.11.

Agar kamu tidak salah memilih waktu belanja, kalap belanja, atau ketinggalan promo menarik, yuk, simak 11 tips supaya kamu bisa mendapatkan promo terbaik di event belanja 11.11.

1. Buat anggaran atau daftar belanja

Membuat anggaran atau daftar belanja dapat membantu kita mengontrol setiap pengeluaran di momen promo 11.11. Misalnya dengan memperhitungkan budget untuk beli pakaian, hadiah, bahan makanan untuk mencegah pengeluaran yang tidak diinginkan.

Kemudian buat daftar belanja sebelum membuka aplikasi belanja online. Selalu lihat apa yang kita butuhkan agar menghindari belanja impulsif.

2. Belanja di waktu yang tepat

Meski di tanggal tersebut sudah bertabur promo, tapi biasanya e-commerce membuat klasifikasi barang yang bisa dibeli dengan harga yang paling murah di waktu tertentu. Misalnya di jam 12 malam menjelang hari-H.

Diskon besar-besaran kemungkinan bakal diselenggarakan untuk beberapa produk yang mungkin sedang kita butuhkan.

3. Jangan lupa gunakan kupon

Tak cuma potongan harga, e-commerce biasanya juga memberikan banyak kupon yang bisa diklaim para penggunanya. Jangan lupa untuk menggunakan kupon tersebut, siapa tahu barang yang kita beli bisa mendapatkan gratis ongkos kirim.

Kurang hemat apalagi kalau kita bisa belanja dengan harga diskon ditambah gratis ongkos kirim?

4. Bandingkan harga dari toko satu dengan toko lainnya

Penjual di toko online banyak yang menjual barang sama dengan harga yang berbeda. Kita dapat membandingkan satu toko dengan yang lain untuk mencari produk dengan harga termurah dan sesuai budget.

Tak cuma itu, membandingkan beberapa toko sekaligus juga sangat dianjurkan. Anda dapat membandingkan toko dengan pelayanan yang bagus atau barang berkualitas berdasarkan review atau rating di kolom penilaian.

5. Ikuti berbagai kuis

Kebanyakan e-commerce juga kerap membuat gimik untuk pengguna dengan hadiah koin, poin atau kupon promo lainnya. Coba manfaatkan kuis atau gimik itu untuk mendapatkan promo atau diskon tambahan.

6. Beli online dan ambil di toko

Jika kebetulan kita menemukan toko yang dekat dengan rumah, tak ada salahnya kalau kita belanja via online dan mengambil langsung barang tersebut di tokonya. Cara ini dapat menghemat biaya lain seperti biaya pengiriman, atau pun asuransi barang.

7. Mencari toko online terpercaya

Jangan cuma tergiur harga murah, toko online terpercaya dengan rating atau penilaian yang bagus juga membantu kita menemukan barang berkualitas.

8. Beli Banyak

Bukan hanya belanja offline saja yang biasa memberikan potongan harga untuk beli produk dalam jumlah banyak, namun di toko online juga memberlakukan promo yang serupa. Apalagi kalau sedang ada pesta belanja online besar-besaran seperti event 11.11. So, kalau kamu memang berniat untuk beli produk dalam jumlah banyak, sebaiknya manfaatkan promo “beli banyak dapat potongan harga” ini dengan baik.

9. Cermati Syarat dan Ketentuan Promo

Supaya kamu tidak merasa tertipu dengan promo yang ditawarkan oleh pihak toko online saat event belanja 11.11 berlangsung, maka disarankan kamu untuk membaca syarat dan ketentuan promo terlebih dahulu sebelum cepat-cepat bertransaksi. 

10. Ikut Promo Flash Sale

Promo Flash Sale merupakan salah satu kesempatan emas dimana kamu bisa membeli barang-barang tertentu dengan harga yang sangat murah, biasanya tidak lebih dari Rp100 perak. Namun, sayangnya, promo Flash Sale ini hanya berlaku untuk pembelian produk tertentu yang jumlahnya terbatas serta hanya berlangsung dalam waktu yang singkat pula. 

Jadi, kalau kamu tidak ingin melewatkan promo Flash Sale, sebaiknya mulailah mencatat kapan saja waktunya dan segera lakukan transaksi dengan cepat selagi promonya sementara berlangsung. Ingat, siapa cepat dia dapat.

11. Manfaatkan Promo dari Bank atau Aplikasi tertentu

Tidak ingin melewatkan kesempatan event belanja 11.11 yang hanya diselenggarakan satu kali setiap tahunnya, maka beberapa bank dan aplikasi tertentu, khususnya yang bergerak di bidang keuangan, juga turut berpartisipasi untuk mempromosikan produk mereka dengan cara memberikan voucher diskon.

Adapun beberapa jenis produk yang biasa mereka promosikan seperti kartu kredit, kartu debit, aplikasi cicilan tanpa kartu kredit, hingga e-wallet atau dompet elektronik. Jadi, semisal kamu belanja di toko online menggunakan metode pembayaran di atas, niscaya kamu akan mendapat voucher potongan harga dalam persentase tertentu, biasanya 11% (karena event belanja 11.11). 

Semoga tips di atas bermanfaat dan selamat mengejar promo 11.11!