Ilustrasi produk Universa Sajadah. (Foto: Dok/Universa Sajadah)

MNEWS.co.id – Berangkat dari keinginan untuk menjalani hidup yang lebih baik lagi, Akbar Renato memutuskan untuk merintis usaha dalam menyediakan produk perlengkapan salat untuk pria dan wanita.

Meskipun tanpa pengalaman bisnis sebelumnya, ia mengambil langkah tersebut pada tahun 2014 dengan harapan mendapatkan penghasilan tambahan selain pekerjaan kantornya.

Dengan melakukan riset dan didorong oleh perjalanan hijrah pribadinya, Akbar mengambil keputusan untuk memulai usaha yang diberi nama Universa Sajadah dengan modal awal sebesar sepuluh juta rupiah.

“Nama Universa sendiri diambil dari kata “universe”, dengan harapan kami bisa memiliki pasar yang lebih luas,” cerita Akbar dikutip MNEWS.co.id dari Tokopedia.

Kini, setelah hampir 10 tahun, usaha sajadah dan perlengkapan salat miliknya mampu meraup omzet bulanan hingga ratusan juta rupiah dan memposisikan jenamanya sebagai “Trendsetter Sajadah Polos Pertama di Indonesia”. 

Kisah sukses Universa Sajadah tidak terjadi dengan instan. Seperti halnya dalam setiap usaha, Akbar harus melewati proses dan menghadapi berbagai tantangan dalam perjalanan bisnisnya.

Salah satu tantangan utama yang dihadapinya adalah proses produksi, terutama dalam mencari bahan baku berkualitas dan terbaik dengan harga yang terjangkau. Sejak awal, Universa Sajadah berkomitmen untuk menyajikan produk premium dengan kualitas terbaik.

Demi menjaga kualitas produk, Universa Sajadah tidak main-main dalam proses produksi. Akbar bersama timnya serius dalam melakukan quality control (QC) terhadap bahan baku yang digunakan.

Mereka mengambil langkah-langkah penting seperti mencari suplier lokal terbaik dan bekerja sama dengan penjahit berpengalaman di daerah Depok, Jawa Barat. Riset yang mendalam juga dilakukan untuk menghasilkan desain yang minimalis namun tetap terlihat elegan dan mewah.

Dengan melakukan QC yang ketat, Universa Sajadah dapat memastikan bahwa setiap produk yang dihasilkan memenuhi standar kualitas yang tinggi. Baik itu dalam hal bahan baku yang digunakan maupun proses pembuatan yang dilakukan.

Kerja sama dengan suplier lokal dan penjahit berpengalaman juga memberikan kepercayaan bahwa setiap sajadah yang dijual oleh Universa Sajadah merupakan produk yang berkualitas.

Selain fokus pada kualitas, Universa Sajadah juga memperhatikan aspek desain. Dengan riset yang panjang, mereka menghasilkan desain-desain yang minimalis namun tetap menampilkan kesan elegan dan mewah. Hal ini dilakukan agar setiap pelanggan dapat merasakan kepuasan dan kebanggaan saat menggunakan sajadah dari Universa Sajadah.

“Ketika sajadah lainnya memiliki motif, Universa Sajadah justru menghadirkan sajadah yang polos dengan bahan yang premium. Kami sengaja melakukan ini agar sajadah kami terlihat lebih fashionable namun tidak mencolok,” jelas Akbar.

Menjawab permintaan pasar, Universa Sajadah hadir dengan berbagai ukuran sajadah, mulai dari ukuran S untuk alas kepala ketika sujud, ukuran M yang mini bisa dibawa bepergian, ukuran L yang cocok digunakan untuk orang dewasa, hingga ukuran XL yang besar, tebal dan nyaman untuk digunakan di rumah sehari-hari.

Setiap ukuran hadir dengan beragam pilihan warna dengan rentang harga produk dibanderol mulai dari Rp169.000,- hingga Rp599.000,-.

Keberhasilan Universa Sajadah dalam menjaga kualitas dan desain produknya merupakan hasil dari kerja keras dan komitmen Akbar Renato serta timnya. Dalam perjalanan bisnisnya, mereka tidak hanya memikirkan aspek finansial semata, tetapi juga memberikan perhatian yang besar terhadap kepuasan pelanggan.

Dengan terus berinovasi dan menjaga standar kualitas yang tinggi, Universa Sajadah terus mengukir kesuksesan dalam usaha perlengkapan salat.